Cukup ikuti workshop sehari di LPJS Solopos, siap menulis di media online

SOLO, sendang-wonogiri.desa.id │ Pada hari Minggu (22/07/2018), bertempat di Griya Solopos Jalan Adi Sucipto 190 Solo telah diadakan workshop jurnalistik untuk warga. Ada 30 peserta dari berbagai elemen masyarakat seperti pelajar, ibu rumah tangga, pengusaha, guru, dan perangkat desa hingga blogger mengikuti workshop tentang menulis di media online. Workshop ini diselenggarakan oleh Lembaga Pelatihan Jurnalis Solopos (LPJS) PT Aksara Solopos. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih masyarakat agar bisa menulis di media online seperti website, blog dan media online lainnya. Workshop Jurnalisme warga ini mengangkat materi tentang. Karakteristik Media Online, Teknik menulis berita populer di media online dan praktek membuat berita online. Acara ini berlangsung dari pukul 08.30 WIB dan direncanakan berakhir 16.00 WIB.

Perkenalan peserta pada sesi pertama workshop menulis di media online

Sebelum acara dimulai, dipandu Manajer Harian Umum Solopos, Sholahuddin, semua peserta diminta saling berkenalan seputar nama, profesi, serta motivasi mengikuti kegiatan worksop jurnalisme warga ini. Dari jawaban peserta, motivasi terbanyak kenapa mengikuti pelatihan ini adalah agar bisa menulis dengan baik dan benar. Salah satu peserta perwakilan dari Pemerintah Desa Sendang, Agung Susanto mengatakan, “Saya termotivasi mengikuti workshop ini karena sering menulis berita di website resmi desa, saya tidak punya basic jurnalistik. Selain itu saya juga menjadi kontributor di salah satu media online namun sedikit viewer, makanya saya terus belajar untuk mencari ilmu, bersyukur sekali solopos mengadakan acara ini,” kata Agung yang juga bertugas sebagai operator website Desa Sendang ini.

Rini Yustiningsih menyampaikan materi Media Online pada Workshop Jurnalisme Warga di LPJS

Pada awal acara seluruh peserta dikenalkan tentang Media Online. Sebagai tutor adalah Rini Yustiningsih. Selain menjelaskan tentang pengetahuan dasar Media Online, dia juga menyampaikan data-data tentang populasi pengguna internet saat ini. Dari 256,2 juta penduduk Indonesia, ada 132,7 juta pengguna internet. “Untuk menulis berita di media online agar banyak yang mengklik diperangaruhi beberapa hal, itu bisa dilihat di google analytics,” ujarnya.

Seluruh peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti seluruh materi yang disampaikan oleh tutor, dan bertambah seru manakala sesi tanya jawab dimulai, seluruh peserta sepertinya sudah menyiapkan pertanyaan, terbukti sampai waktu telah berakhir pun masih banyak yang ingin bertanya.

Pada sesi kedua peserta disuguhkan materi “Teknik menulis berita secara populer di media online”. Sebagai pemateri adalah Adib Muttaqien Asfar, salah satu pengelola web Solopos.com. Dia menekankan tentang pentingnya memperhatikan spesial dan spesifik online, tidak sekedar bombastis.

Pada sesi istirahat, para peserta diberikan tugas untuk menulis berita terkait pelatihan yang dilaksanakan. Dan hasillnya langsung diupload melalui websitenya masing-masing. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. warsito berkata:

    wah keren tulisannya pak

Tinggalkan Balasan