Mahasiswa KKN-PPM UGM gelar pelatihan jurnalistik mengenai kebencanaan di dusun selopukang

sendang-wonogiri.desa.id │ Kuliah Kerja Nyata-Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN-PPM UGM) mengadakan pelatihan jurnalistik kebencanaan kepada pemuda-pemudi di Balai Dusun Selopukang, (Rabu 11/7/2018). Pelatihan jurnalistik yang bertemakan “kebencanaan” ini hadir sebagai manifestasi pentingnya pengetahuan kebencanaan dan dasar-dasar menulis berita sebagai saluran informasi kepada khalayak ramai. Pelatihan jurnalistik ini dihadiri oleh belasan pemuda-pemudi dari Dusun Selopukang, tokoh-tokoh dan perwakilan masyarakat, dan mahasiswa KKN-PPM UGM.

pelatihan-jurnalistik

Fernandi Army (Fakultas Ekonomika & Bisnis UGM),perwakilan dari klaster sosio-humaniora sebagai narasumber pada pelatihan jurnalistik di Dusun Selopukang, (Dokumen desa.id – foto : F.Army)

Adapun pemateri tunggal dalam acara tersebut Fernandi Army (Fakultas Ekonomika & Bisnis UGM),perwakilan dari klaster sosio-humaniora, percaya bahwa pelatihan dasar-dasar jurnalistik ini akan sangat bermanfaat bagi pemuda di masa depan. “Pelatihan jurnalistik ini tidak hanya akan meningkatkan awareness pemuda mengenai kebencanaan, akan tetapi juga sebagai latihan kepada pemuda untuk bisa menulis secara terstruktur dan latihan membiasakan budaya menulis,” jelas Fernandi.

Acara yang dimulai dari pukul 19.00 WIB (Waktu Indonesia Barat) ini membahas mengenai dasar-dasar jurnalistik, pengenalan sistematika penulisan 5W+1H (what, why, when, who, where, dan how), dan pengenalan fasilitas google docs. Pelatihan jurnalistik kebencanaan ini juga dilengkapi dengan praktik langsung menulis berita lepas di laptop yang sudah disediakan sebelumnya oleh mahasiswa KKN-PPM UGM. Pelatihan ini ditutup dengan sesi tanya-jawab, dan berakhir pada pukul 21.00 WIB.

pelatihan-jurnalistik

Karang taruna Dusun Selopukang antusias mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar oleh KKN PPM UGM di Balai Dusun Selopukang (Dokumen desa.id – foto : F. Army)

Koordinator Mahasiswa Unit (Kormanit) KKN-PPM Desa Sendang yang turut hadir dalam acara tersebut, Rakananditya Said, berharap pelatihan ini dapat menumbuhkan kecintaan menulis kepada pemuda-pemudi Dusun Selopukang. “Mudah-mudahan pelatihan ini membuat pemuda dan pemudi jadi semangat menulis. Kami juga senang respon masyarakat sangat positif dari pelatihan ini,” tukas Raka. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan