KKN PPM UGM gelar pelatihan Psychological First Aid bagi ibu-ibu PKK Desa Sendang

Sendang-wonogiri.desa.id│ KKN PPM Universitas Gadjah Mada (UGM) kluster Medika mengadakan pelatihan Psychological First Aid atau Bantuan Psikilogi Awal bagi ibu-ibu kader PKK Desa Sendang di gedung pertemuan PKK, Kamis (12/7/2018). Hadir dalam acara tersebut ibu-ibu PKK perwakilan dari masing-masing dusun sebanyak 24 orang, perwakilan pemerintah desa dan para mahasiswa kluster Medika.

pelatihan-medika

Basuki Rahmat, S.Psi, Psikolog dari RSUD SMS Wonogiri menyampaikan paparan tentang PFA di gedung pertemuan PKK Desa Sendang, Kamis 12/7/2018 (Dokumen desa.id – foto : Agung)

Pemateri tunggal dalam acara tersebut yaitu Basuki Rahmat, S.Psi, Psikolog dari RSU Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri. Dalam paparannya yang berjudul “PFA for All” sangatlah bermanfaat bagi warga masyarakat Desa Sendang yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Wonogiri dengan wilayah rawan bencana tanah longsor cukup tinggi. Bencana tanah longsor terakhir terjadi pada Bulan November 2017 di 4 wilayah dusun yakni Dusun Gondanglegi, Nglegong, Kolotoko dan Dusun Godean.

Pelatihan-PFA

Penayangan video penanggulanggan bencana pada pelatihan PFA di gedung pertemuan PKK Desa Sendang, Kamis 12/7/2018 (Dokumen desa.id – foto : Agung)

Menurut Basuki Rahmat, PFA atau Bantuan Psikilogi Awal adalah sebuah intervensi psikologi singkat, praktis dan fleksibel berupa pemberian bantuan kepada individu, keluarga dan masyarakat yang menderita karena baru saja mengalami peristiwa krisis, keadaan darurat atau bencana. Ia mengharapkan ibu-ibu PKK Desa Sendang juga siap sebagai relawan manakala terjadi bencana sehingga dapat membantu mengurangi reaksi stres sebagai dampak peristiwa traumatis dan membantu mempercepat proses pemulihan.

“Melalui pelatihan PFA diharapkan ibu-ibu dapat memberikan kepastian keamanan bagi para penyintas (orang yang selamat dari bencana) dan mampu memberikan dukungan dan kenyamanan emosi, serta mampu memberikan saran praktis dan membantu pemenuhan kebutuhan dasarnya,” tandas Basuki.

pelatihan-medika

Salah satu kader PKK menyampaikan pertanyaan pada pelatihan PFA di gedung pertemuan PKK Desa Sendang, Kamis 12/7/2018 (Dokumen desa.id – foto : Agung)

Kegiatan pelatihan ini juga diisi dengan sesi diskusi tentang kebencanaan serta saran masukan terkait pelayanan bagi para pasien di RSUD Soediran MS Kabupaten Wonogiri. Sekdes Sendang Agung Susanto menyampaikan terima kasih kepada RSUD Soediran MS yang telah membuat layanan pendaftaran online bagi pasien rawat jalan. “Sebelum ada layanan online, warga mengambil karcis antrian sejak subuh. Tapi setelah dibuka layanan online, sekarang 1 atau 2 hari sebelumnya sudah bisa daftar lewat HP nya masing-masing, setelah itu tinggal menunjukkan hasil screenshoot karcis antriannya kepada petugas, sangat mempermudah pelayanan,” jelas Agung. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan