Pelaksanaan pilgub jateng di desa sendang berjalan aman, lancar dan jurdil

KPPS melakukan penghitungan suara pada Pilgub Jateng di TPS 4 Dusun Jajar, Rabu 27/6/2018 (Dokumen desa.id - foto : Agung)

sendang-wonogiri.desa.id | Selesai sudah pesta demokrasi dalam pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang digelar serentak pada Rabu Pon (27/06/2018). Kini tinggal menyisakan kelelahan bagi KPPS. Tetapi walaupun lelah terobati juga dengan penyelenggaraan yang aman, tertib, lancar dan jurdil. Karena PPS bersama pemerintah desa secara intensif memantau langsung pelaksanaan di tiap-tiap KPPS di tujuh TPS yang tersebar di 7 dusun. Ada 4 TPS yang mencakup wilayah masing-masing 2 dusun yakni TPS 2, 4, 5 dan TPS 6.

pilgub-jateng

PPS dan Pemdes melakukan monitoring pelaksanaan Pilgub Jateng di TPS 6 Dusun Kembang, Rabu 27/6/2018 (Dokumen desa.id – foto : Agung)

Pemilukada Provinsi Jawa Tengah diikuti oleh dua pasangan calon. Pasangan calon nomor satu yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan pasangan calon nomor dua Sudirman Said-Ida Fauziyah. Pelaksanaan pemungutan suara pada pilkada Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh KPPS di Desa Sendang berjalan tertib dan lancar. Tetapi penyelenggaraan pemilukada tidak seantusias pada waktu pemilihan Bupati dan wakil Bupati. Hal ini dibuktikan dengan perolehaan suara hanya mencapai 70,68% dari tujuh TPS.

pilgub-jateng

Warga saat melakukan tahap pendaftaran untuk memberikan suaranya di TPS 6 Dusun Kembang, Rabu 27/6/2018 (Dokumen desa.id – foto : Agung)

Pada Pilgub Jawa Tengah kali ini, jumlah pemilih di Desa Sendang dalam DPT = 2.901 jiwa. Dan yang hadir ke TPS sebanyak 2.051 jiwa. Sedangkan perolehan suara Perolehan suara pasangan calon nomor urut 01 = 1.568 suara dan perolehan suara pasangan calon nomur urut 02 = 440 suara. Jumlah suara yang sah = 2.008 suara, Jumlah suara tidak sah = 43 suara. Jumlah yang tidak menggunakan hak pilihnya = 850 jiwa. Namun demikian, kehadiran para pemilih sebenarnya juga bisa dikatakan maksimal karena mereka yang tidak menggunakan hak pilihnya yakni sebesar 850 jiwa sebagian besar adalah perantau. Mereka enggan pulang ke desa karena berbagai alasan antara lain terkait pekerjaan, jarak tempuh dan keluarga. Karena sebagian besar warga masyarakat Desa Sendang adalah para perantau di Jakarta, Jawa Barat dan kota-kota besar lainnya.

pilgub-jateng

KPPS yang inovatif dengan seragam lurik adat jawa untuk memeriahkan pelaksanaan Pilgub Jateng di TPS 1 Dusun Kedungareng, Rabu 27/6/2018 (Dokumen desa.id – foto : Agung)

Dari tujuh TPS di Desa Sendang, tidak ada satupun yang menghadapi kendala maupun kesulitan yang berarti. Mulai dari pendistribusian logistik, pelaksanaan pencoblosan hingga pengiriman kotak suara kembali ke sekretariat PPS berjalan dengan lancar. “Pelaksanaan Pilgub Jateng di Desa Sendang dapat berjalan dengan lancar, semua ini tidak terlepas dari peran PPS Sendang yang selalu pro aktif memberikan informasi dan penjelasan kepada semua KPPS melalui media sosial yang dimanfaatkan sebagai sarana koordinasi,” jelas Agung, sekretariat PPS. Mulai besok Jum’at (29/6/2018) dari pagi hingga malam rencananya akan dilaksanakan rekapitulasi di tingkat kecamatan. (admin)

About sendang-wonogiri 615 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan