Bimtek dua hari bagi kpps pilgub jateng di desa sendang

sendang-wonogiri.desa.id | Sabtu, 9/06/2018 merupakan hari kedua bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Sendang melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah tahun 2018. Bimtek diikuti 21 peserta dari tujuh TPS dan diadakan selama dua hari. Kegiatan tersebut telah dimulai sejak hari Jum’at (8/6/2018) pukul 15.30 WIB hingga menjelang berbuka puasa dan bertempat di gedung TP PKK Desa Sendang.

bimtek-kpps

Ketua dan anggota PPS Sendang memberikan materi pada bimtek kpps pilgub jateng di gedung pkk sendang (Dokumen desa.id – foto : ibnu)

Hadir dalam acara bimtek, sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Drs. Suparno, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan anggotanya. beserta masing-masing Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Bimtek ini dilaksanakan untuk memberikan pengertian dan pembelajaran kepada KPPS agar dalam penyelenggaraan pemungutan suara tidak ada kesalahan.

Pemateri dalam bimtek ini adalah Sunarno, S.ST, M.Si, Ibnu Asmoro dan Sigit Ari Wibowo, S.Pd selaku anggota PPS Desa Sendang yang telah lebih dahulu mengikuti bimtek PPS di Kecamatan Wonogiri. Penyampaian maeri ini hanya mengulas dan menjelaskan kembali dari buku panduan yang telah dimiliki oleh peserta. Ditegaskan tugas dimasing-masing meja. Untuk meredam berjubelnya pemilih saling mendahului adalah tugas meja empat. Kemudian dalam perhitungan suara KPPS agar lebih paham suara yang syah dan tidak syah.

bimtek-kpps

Sekretariat PPK Wonogiri, Drs. Suparno memberikan pembekalan pada bimtek kpps di desa sendang (Dokumen desa.id – foto : ibnu)

Sekretariat PPK, Drs. Suparno berharap kedepannya yang menjadi anggota KPPS adalah warga yang berada di TPS tersebut, dikandung maksud untuk memudahkan administrasi sehingga tidak perlu menggunakan A5. Dipastikan yang nyoblos nanti adalah yang terdaftar di DPT. Seandainya tidak ada di daftar, DPT maka boleh nyoblos setelah pukul 12.00 dan harus membawa KTP asli atau Surat Keterangan dari dukcapil. Itupun jika Surat suara masih tersedia.Selanjutnya jika ada sesautu yang belum jelas ikuti petunjuk yang ada di buku panduan. Untuk petugas di Meja empat dan lima dipilih dari angota KPPS yang muda dan cerdas. Karena petugas ini merupakan petugas yang paling sibuk. Oleh karena itu diperbolehkan untuk bergantian. Ditegaskan kembali untuk memperhatikan buku panduan. jangan sampai melakukan kegiatan di luar buku panduan. Ini untuk memudahkan kerja KPPS dan PPS.

bimtek-kpps

Simulasi penyelenggaraan pilgub yang dipandu oleh ketua pps sendang, Sunarno pada bimtek kpps di desa sendang (Dokumen desa.id – foto : ibnu)

Pada hari kedua diadakan simulasi karena banyak anggota KPPS yang sebelumnya belum pernah masuk dalam kepanitiaan pemilu. Sehingga perlu mengetahui cara praktek penyelenggaraan saat pencoblosan. Dimulai dari pendaftaran hingga pencelupan jari kedalam botol tinta sebagai tanda telah melakukan pencoblosan. (admin pps)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan