Jalin silaturahmi, pemdes sendang tarling di masjid al barokah dusun gondanglegi

tarling-pemdes

Pj. Kades Sendang, Drs. Suparno saat memberikan sambutan pada kegiatan tarling di Masjid Al Barokah Dusun Gondanglegi, Senin 4/6/2018 (Dokumen desa.id - foto : Susanto)

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Dalam rangka menjalin silaturahmi dan mengisi rangkaian ibadah di bulan ramadhan, Pemerintah Desa Sendang kecamatan wonogiri mengadakan tarawih keliling (tarling) pada Hari Senin (4/6/2018) di Masjid Al Barokah Dusun Gondanglegi, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Rombongan terdiri dari Ustadz H. Sunardi, Sekcam Wonogiri Drs. Suparno (selaku Pj. Kades Sendang) dan perangkat Desa Sendang.

tarling-pemdes

Pj. Kades Sendang, Drs. Suparno saat memberikan sambutan pada kegiatan tarling di Masjid Al Barokah Dusun Gondanglegi, Senin 4/6/2018 (Dokumen desa.id – foto : Susanto)

Acara dimulai dengan sholat isya’ berjama’ah, ditunjuk sebagai imam, ustadz H. Sunardi. Dilanjutkan dengan sholat tarawih berjama’ah dengan 2 rekaat salam, 2 rekaat salam sebanyak 5 kali dan ditutup dengan witir 3 rekaat. Selesai sholat witir dilanjutkan sambutan oleh Drs. Suparno selaku Pj. Kades Sendang. Dalam kesempatan itu Drs. Suparno juga memperkenalkan diri bahwa setelah selesainya masa tugas kades Budi Hardono pada 14/5/2018 yang lalu, ia ditunjuk oleh Bupati Wonogiri untuk memangku jabatan Kades Sendang hingga terselenggaranya pilkades di bulan oktober nanti. Selain memperkenalkan diri, Drs. Suparno juga mengingatkan kepada warga masyarakat yang mempunyai anak 16 tahun hingga balita untuk dicarikan kartu identitas anak (KIA). KIA dapat diperoleh dengan mengisi form yang telah disediakan Disdukcapil dengan melengkapi syarat antara lain foto copy KK, KTP orang tua dan foto ukuran 4×6 dengan background merah bagi usia diatas 5 tahun. “Bagi warga masyarakat yang belum memiliki KTP-el maupun sudah punya tapi hilang, silahkan segera diurus dengan mencari surat kehilangan di polsek terlebih dahulu. Selanjutnya mengurus ke kantor kecamatan, karena pada pemilu yang akan datang terutama saat pilpres dan pileg syaratnya adalah memiliki KTP-el,” jelasnya.

tarling-al barokah

Ustadz H. Sunardi saat memberikan tausyiah pada kegiatan tarling di Masjid Al Barokah Dusun Gondanglegi, Senin 4/6/2018 (Dokumen desa.id – foto : Susanto)

Tarling pada malam itu diisi tausyiah atau ceramah agama oleh Ustadz H. Sunardi. Dalam ceramahnya beliau mengatakan, “Kita harus bersyukur hingga saat ini masih diberi nikmat sehat sehingga dapat mengerjakan ibadah puasa di siang hari dan bisa mengerjakan sholat tarawih berjama’ah di malam hari,” terangnya. Ustadz juga menyampaikan secara jelas tentang kewajiban umat islam untuk mengerjakan semua rukun islam, terutama kewajiban ibadah puasa di bulan romadhon.

tarling-pemdes

Jama’ah Masjid Al Barokah Dusun Gondanglegi antusias mendengarkan tausyiah saat tarling di Masjid Al Barokah Dusun Gondanglegi, Senin 4/6/2018 (Dokumen desa.id – foto : Susanto)

Beliau juga menyampaikan ilmu agama tentang ciri-ciri orang yang diampuni dosanya. Antara lain orang yang mau menegakkan kalimat tauhid, selalu membaca istighfar serta mau menjalankan ibadah dengan ikhlas. Tak lupa berpesan untuk menghormati dan berbakti bagi mereka yang masih mempunyai orang tua. “Walaupun sudah punya anak, kalau masih memiliki orang tua ya harus berbakti dan menghormat kepada orang tuanya,” tandasnya.

Acara tarling pada malam ini diakhiri pukul 21.00 WIB dan dilanjutkan ramah tamah dengan para jama’ah masjid Al Barokah. Adapun para ibu masih melanjutkan tadarusan membaca Al Qur’an secara bergiliran. (admin)

About sendang-wonogiri 617 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan