Manfaat puasa bagi kesehatan oleh Puskesmas Wonogiri 1

WONOGIRI – sendang-wonogiri.desa.id │ Marhaban ya Ramadhan, bulan Ramadhan telah datang. Dan saatnya bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa. Dengan berpuasa selain menjalankan perintah Nya, ada manfaat yang didapatkan, seperti yang disampaikan Dwi Rahmati, SKM pengelola program Promosi Kesehatan UPTD Puskesmas Wonogiri 1 pada artikel yang diunggah di website resmi Desa Sendang ini.

manfaat-puasa

Dwi Rahmawati, SKM – Pengelola Promosi Kesehatan UPTD Puskesmas Wonogiri 1 (Foto : Mbing)

Yang pertama manfaat yang didapat adalah Detoksifikasi yaitu mengurangi atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Lambung akan bekerja secara optimal saat berbuka puasa setelah seharian lambung kosong. Selain itu juga penyerapan nutrisi akan sempurna tidak terjadi penumpukan sisa makanan yang tidak terserap dalam lambung.

Manfaat kedua adalah Recovery Alat pencernakan artinya setelah selama 11 bulan alat pencernakan kita tidak berhenti – henti dalam mencerna makanan. Ibaratkan mesin juga digunakan secara terus menerus maka lama kelamaan akan aus juga. Dengan berpuasa akan mengistirahatkan dan mengurangi jam kerja alat pencernaan.

Selanjutnya manfaat ketiga adalah Menurunkan Kadar Kolesterol dan Gula , Dengan mengurangi jam makan yaitu mulai sahur sampai berbuka maka kita mengurangi jenis makanan yang mengandung kolesterol dan gula . Selain itu kita seharian berpuasa akan melakukan aktifitas maka cadangan lemak dan gula akan menjadi energi mengganti makanan yang sering kita konsumsi dihari biasa.

Dan manfaat ke empat adalah Meningkatkan Imun Tubuh, Berdasarkan penelitian saat ini dengan berpuasa maka kadar limfosit meningkat 10 x lipat. Karena Limfosit berada di sel darah putih untuk melawan patogen yang masuk dalam tubuh.

ibadah-puasa

Segenap karyawan UPTD Puskesmas Wonogiri 1 mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa (Foto : Mbing)

Kepada umat muslim Dwi Rahmanti, SKM mewakili UPTD Puskesmas Wonogiri 1, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun 1439 H, semoga tetap sehat, bugar dan produktif. (mBinG/admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan