Waspada hoax, sikapi informasi dengan bijak dan teliti sebelum membagi

WONOGIRI – Pertukaran informasi di internet yang semakin deras, terutama di media sosial, situs abal-abal dan berita-berita palsu (fake news atau hoax) semakin ramai bermunculan. Nah, bagaimana cara mengetahui suatu berita hoax atau tidak? Memang, tidak semua informasi yang beredar di dunia maya bisa dipercaya. Akhir-akhir ini peredaran berita hoax semakin mengkhawatirkan. Betapa seriusnya masalah itu bisa dilihat dari tindakan Facebook dan Google dalam menanggapinya.

Dua raksasa teknologi ini memang memegang peranan penting dalam menangkalnya. Tapi, kita juga harus ikut berpartisipasi dengan cara memeriksa informasi yang kita peroleh, jangan langsung share! Dihimpun dari berbagai sumber, berikut cara untuk mengetahui sebuah berita hoax atau asli.


1. Jangan Asal Share!
waspada-hoax

Foto : Waspada.co.id

Berita hoax kemungkinan tidak asal dibuat, biasanya provokatif atau bombastis,. Mungkin ada beragam kepentingan di balik pembuatan berita itu, baik untuk menjatuhkan ataupun mendukung sosok tertentu. Maka dari itu, jangan asal share. Kita perlu melakukan cross check terlebih dahulu. Salah satu caranya, kita bisa “search” atau melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google. Lalu, cek apakah berita tersebut ditulis oleh situs berita lain dan pastikan situs tersebut terpercaya.

2. Cek Domain dan URL Situs

Situs abal-abal bermunculan seolah tak terbendung. Untuk itu, kita sebagai masyarakat pengguna internet juga harus jeli. Untuk mengetahui berita asli atau hoax, kita bisa cek domain situs dan URL berita tersebut. Cek apakah situs tersebut menggunakan URL yang benar. Pastikan pula apakah berita tersebut bersumber dari situs yang bermutu atau tidak.

3. Cek Keaslian Foto

Berita hoax biasanya menggunakan foto yang telah diedit untuk memprovokasi para pembaca. Jangan langsung percaya begitu saja, apalagi jika fotonya tidak masuk akal. Untuk mengecek keaslian foto tersebut, kita bisa menggunakan ‘Google Images’. Buka Google Image pada browser, drag foto tersebut ke kolom pencarian Google Image. Kemudian periksa hasilnya untuk mengetahui secara lebih jelas sumber dan caption asli dari foto tersebut.


4. Laporkan!

Tentunya kita sering melihat berita tidak jelas yang muncul di beranda Facebook. Raksasa media sosial ini sendiri telah mengeluarkan langkah-langkah untuk menanggulangi maraknya berita palsu. Facebook telah mempermudah proses pelaporan jika kita ingin melaporkan berita yang kita curigai sebagai berita hoax. Caranya tinggal klik sudut kanan atas dalam sebuah postingan. Selanjutnya pilih bagian “Report Post”, dan sebutkan alasan kenapa kita ingin melaporkan berita tersebut.

Facebook juga akan memberi tanda kepada konten yang dicurigai. Jika kita mengidentifikasi sebuah berita palsu, maka akan terdapat tanda dan tautan ke artikel dengan penjelasan yang benar. Ketika suatu artikel ditandai, maka artikel ini tidak bisa dijadikan iklan dan dipromosikan.

Jangan terlalu mudah terpancing dan jangan asal share berita di media sosial. Telusuri dulu kebenaran berita tersebut. Saatnya kita menjadi masyarakat yang bijak dan selalu gunakan akal sehat ketika mau berbagi sebuah berita. (admin, dari berbagai sumber)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan