Sendang punya potensi wisata keramik wonogiri yang butuh promosi

WONOGIRI – sendang-wonogiri.desa.id │Berawal dari sekedar iseng akibat persediaan toko keramik yang terlalu banyak, Ernawa Sari Bawera, 23 membuat gebrakan unik dengan membuka Wisata Keramik Wonogiri. Tempat wisata yang berlokasi di Dusun Sendang RT 01 RW 02, Desa Sendang Kecamatan Wonogiri tersebut berisi ratusan jenis kerajinan keramik. Kursi, piring, mangkuk, guci yang terbuat dari keramik dengan lukisan khas tiap daerah seperti Wonogiri dengan gambar gajah dan Irian Jaya dengan gambar burung cenderawasih.

wisata-keramik

Ratusan jenis keramik terpampang di show room Wisata Keramik Wonogiri, Sendang (Dokumen desa.id – foto : Agung)

“Kerajinan keramik ini dibuat di Majalengka, Jawa Barat dengan bahan-bahan dari Bangka Belitung dan Kalimantan karena tanah di sana lebih baik dan tahan lama. Keramik di sini tertata baik untuk menarik warga berswafoto,” ujar wanita yang akrab dipanggil Erna.

wisata-keramik

Pengunjung dari Bekasi, Hendra sedang memilih Kendi (Tempat air minum) di show room Wisata Keramik Wonogiri, Sendang (Dokumen desa.id – foto : Agung)

Wisata Keramik Wonogiri yang ia buka dua tahun lalu setiap akhir pekan selalu kebanjiran pengunjung. Dalam satu bulan jumlah pengunjung mencapai ratusan orang. Pengunjung dapat berswafoto di tengah-tengah keramik maupun berdiri di sebuah tembok yang telah terpasang ratusan piring dengan lukisan berwarna-warni.

keramik-wonogiri

Pengunjung sedang memilih ratusan keramik di show room Wisata Keramik Wonogiri, Sendang (Dokumen desa.id – foto : Agung)

Sebagai pengelola, Ernawa Sari Bawera tidak menarik biaya untuk pengunjung yang berswafoto. Pengunjung hanya dipersilakan mengisi kotak sukarela sebagai biaya perawatan berbagai kerajinan keramik. Hampir dua tahun dibuka, wanita kelahiran Majalengka itu belum mengetahui jumlah uang yang pengunjung Wisata Keramik Wonogiri berikan. Ia belum berkeinginan membuka kotak sumbangan yang diberikan pengunjung.

keramik-wonogiri

Show room Wisata Keramik Wonogiri, Sendang (Dokumen desa.id – foto : Agung)

Selain berswafoto, pengunjung dapat pula membeli keramik dengan kisaran harga Rp50.000 hingga Rp10juta tergantung jenis, ukuran dan motif. Ia berencana menambah jumlah koleksi yang dimiliki Wisata Keramik Wonogiri karena dirasa Wonogiri memiliki potensi wisata yang sangat baik terlebih lokasi berdekatan dengan Waduk Gajah Mungkur. (ichs/admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan