Rapat pembentukan panitia bulan dana PMI tahun 2018 di Kabupaten Wonogiri

WONOGIRI │ Palang Merah Indonesia ( PMI ) merupakan organisasi yang bergerak dibidang kemanusiaan untuk membantu meringankan beban sesama melalui program siaga ambulance 24 jam, usaha kesehatan tranfusi darah, mendidik generasi muda untuk menjadi relawan, membantu korban bencana. Untuk program yang dimaksud, PMI senantiasa melakukan penyebarluasan program kepada semua lapisan masyarakat untuk mendapat dukungan dana. Khususnya bidang Penggalangan dana, pada hari Rabu (16/5/2018) yang bertempat di ruang Giri Manik, Kantor Setda Kabupaten Wonogiri, PMI Wonogiri melaksanakan pembentukan Panitia Bulan Dana di hadiri oleh Drs. Suharno, MM selaku Sekda Kabupaten Wonogiri, dan dihadiri oleh segenap anggota panitia bulan dana, serta staf PMI Wonogiri.

Pada kesempatan ini, Ketua PMI Kab. Wonogiri, dr. Dwi Handoyo, MM menyampaikan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir dalam rangka pembentukan panitia bulan dana PMI. Dan mohon dukungan terhadap seluruh Panitia Bulan Dana PMI, dan instansi terkait serta lapisan masyarakat untuk membantu pelaksanaan Bulan Dana yang pelaksanaannya di mulai dari Bulan Agustus s/d Oktober 2018 (selama 3 bulan).

rapat-pmi

Ketua PMI Kabupaten Wonogiri, dr. Dwi Handoyo, MM menyampaikan laporan pada rapat pembentukan panitia bulan dana PMI, Rabu 16/5.2018 (Dokumen desa.id – foto : agung)

Ia mengatakan bahwa dalam rangka pembentukan panitia bulan dana PMI ini telah diundang petugas pengumpul dana yang berasal dari instansi pemerintah, perbankan, perhotelan, organisasi kemasyarakatan, beberapa perusahaan dan juga tokoh-tokoh agama. “Kita tidak membeda-bedakan agama, suku, ras, pandangan politik dan lain-lain, siapapun mereka asalkan memiliki prinsip ingin meringankan beban sesama melalui setetes darah dan setiap rupiah yang dimilikinya sehingga dengan gotong royong mau membantu sesama untuk saling tolong-menolong, kita masukkan kedalam kepanitiaan bulan dana PMI ini,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu Sekda Kabupaten Wonogiri, Drs. Suharno, MM juga menyampaikan bahwa saat ini sudah dibuat draf SK Bupati Wonogiri tentang pembentukan panitia, penetapan sasaran dan besarnya sumbangan serta petugas pengumpul bulan dana PMI tahun 2018. Agar para pengumpul dana tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugasnya. “Pekerjaan ini merupakan tindakan yang sangat mulia, karena muaranya adalah menolong sesama. Kalau pekerjaan ini dilakukan dengan baik, maka apa yang didapatkan akan berlimpah di dunia ini,” kata dia yang juga Sekretaris Daerah Wonogiri.

Lebih lanjut, dia mengatakan Bulan Dana PMI merupakan upaya peningkatan kesetiakawanan sosial masyarakat serta menggalang dana dalam rangka meringankan penderitaan sesama manusia. Menurut dia, setiap manusia pada prinsipnya ingin meringankan beban sesama melalui setetes darah dan setiap rupiah yang dimilikinya sehingga dengan gotong royong, sumbangan yang sedikit demi sedikit itu akan terkumpul menjadi banyak.

sambutan-sekda

Sekda Kabupaten Wonogiri, Drs. Suharno, MM memberikan sambutan pada rapat pembentukan panitia bulan dana PMI, Rabu 16/5.2018 (Dokumen desa.id – foto : agung)

Terkait dengan hal itu, Sekda mengajak masyarakat untuk berlomba sedekah melalui PMI agar memperoleh banyak kebaikan. “Ingat untuk bayar parkir saja Rp 2.000, mengapa untuk PMI kita harus pelit,” ujarnya.

Pada rapat tersebut telah disetujui berdasarkan musyawarah bahwa sebagai ketua panitia bulan dana PMI tahun 2018 adalah Drs. Suharno, MM sekda Kabupaten Wonogiri. Disepakati pula ada 5 seksi bidang usaha yakni :

1. Seksi Usaha I : Kecamatan / PNS / TNI / POLRI / Sipil TNI-POLRI / Rekanan / Pemborong / KUD / BMT / Koperasi / Perbankan / BKK / BPR / Perusahaan / Swalayan / Pasar.

2. Seksi Usaha II : Praktek Dokter / PBS / Klinik / Lab /Notaris / Apotik / Rumah Sakit / Akademi / Optical / Pertanahan.

3. Seksi Usaha III : PKB / Keur Kendaraan / Pengusaha Bus / Pengusaha Pompa Bensin / Pernikahan / Perkara / Pas Kayu.

4. Seksi Usaha IV : Sekolah Negeri/ Swasta : SD/ MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, PLS, Akademi, PT.

5. Seksi Usaha V : Majelis Taklim, Perantau, Paguyuban Masyarakat Wonogiri dan Dermawan.

Sementara itu, sekretaris PMI Kabupaten Wonogiri Drs. Soepardjo, MM mengatakan hasil yang diperoleh dari Bulan Dana PMI akan digunakan untuk kegiatan sosial kemanusiaan seperti pelayanan bencana alam, pendidikan, pelatihan, dan sebagainya. Seluruh pendapatan dari Bulan Dana PMI akan dikembalikan kepada masyarakat. Makin banyak dana yang terkumpul, makin banyak masyarakat pula yang akan menerima.Dia juga menyampaikan bahwa stok darah di PMI Wonogiri rata-rata per hari ada 300 kantong, namun masih selalu dibutuhkan tambahan karena saat ini PMI Wonogiri belum memiliki alat untuk menyimpan darah-darah tersebut. Juga telah dibuka layanan posko PMI Wonogiri di nomor telepon (0273) 321256 sebagai wujud kepedulian PMI membantu pelayanan pertolongan kepada masyarakat jika terjadi bencana ataupun kecelakaan. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan