Gotong-royong rehab menara bambu di wisata gardu pandang sokogunung

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Pemuda-pemuda dusun sokogunung yang tergabung dalam wadah ikatan karang taruna sokogunung (Ikras) bersama warga bergotong-royong merenovasi menara di wisata gardu pandang Sokogunung, Sabtu (12/05/2018). Kegiatan dimulai sejak pagi pukul 06.00 WIB. Mereka bahu-membahu membawa bambu dari dusun menuju lokasi wisata dengan jalanan menanjak.

rehab-menara

Warga bergotong-royong memikul bambu dari lokasi parkir menuju lokasi wisata Sokogunung, Sabtu 12?5/2018 (Dokumen desa.id – foto : iqbal)

Ketua karang taruna Ikras, Iqbal mengatakan bahwa renovasi menara pandang sebagai salah satu wahana spot selfi sudah direncanakan beberapa minggu yang lalu. “Kami bergotong-royong mengganti bambu-bambu menara pandang yang sudah mulai lapuk, sekaligus menghadapi lonjakan para wisatawan di bulan ramadhan dan hari raya idul fitri,” kata Iqbal.

rehab-menara

Warga bergotong-royong memikul bambu menuju lokasi wisata Sokogunung, Sabtu 12?5/2018 (Dokumen desa.id – foto : iqbal)

Sejak pagi bambu-bambu yang dibeli dari warga setempat tersebut dibawa dengan menggunakan truk hanya sampai dilokasi parkir wisata. Untuk membawa bambu-bambu tersebut dari lokasi parkir menuju puncak harus dipikul secara gotong-royong. Ada sekitar 25 orang dari karang taruna yang diberikan tugas untuk membawa sampai puncak. Sedangkan jarak dari lokasi parkir menuju puncak sekitar 200 meter dengan jalan menanjak menaiki anak tangga yang terbuat dari batu padas. Pekerjaan yang cukup berat namun dapat diselesaikan dengan semangat gotong-royong yang masih sangat kental pada warga dusun Sokogunung ini.

rehab-menara

Warga menganyam bambu untuk merehab menara di lokasi wisata Sokogunung, Sabtu 12?5/2018 (Dokumen desa.id – foto : iqbal)

Berdasarkan pengalaman di tahun lalu, saat ramadhan dan hari raya lonjakan wisatawan di salah satu destinasi wisata yang dikelola BUMDes Sendang Pinilih ini cukup signifikan. Di saat ramadhan banyak kalangan anak muda yang menghabiskan waktu untuk ngabuburit (menunggu saat buka puasa) di wisata ini. Dusun Sokogunung memiliki dua destinasi wisata yaitu wisata puncak joglo dengan olahraga paralayangnya dan wisata menara pandang yang menyuguhkan view alam pegunungan dan kota Wonogiri dari ketinggian.

rehab-menara

Rehab menara pandang di lokasi wisata Sokogunung, Sabtu 12?5/2018 (Dokumen desa.id – foto : iqbal)

Pukul 15.30 WIB, kegiatan masyarakat bergotong-royong merenovasi menara belum selesai. Menurut Iqbal, renovasi ini tetap akan dilanjutkan namun dengan tenaga tukang khusus yang biasa menganyam bambu untuk membuat menara. “Bambu-bambunya kami beli dengan menggunakan anggaran yang telah disiapkan oleh BUMDes,” pungkasnya. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan