Malam ini dimulai pembangunan rabat jalan dusun godean rt 03 dari dana desa

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Malam ini, Jum’at (11/5/2018) Warga Dusun Godean, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, memulai pembangunan rabat jalan. Letak lokasi kegiatan berada di Dusun Godean RT 03 RW 02. Alokasi anggaran untuk pembangunan rabat jalan ini sebesar Rp 25 juta berasal dari dana desa tahap pertama.

rabat-jalan

Kondisi lokasi 0 % saat akan dimulai pekerjaan rabat jalan di Dusun Godean Rt 03, Jum’at 11/05/2018 (Dokumentasi desa.id – foto : agung)

Pembangunan rabat jalan ini direncanakan sepanjang 79 meter dengan lebar 3 meter dan tebal cor 0,12 meter dilakukan secara padat karya dan juga swadaya tenaga dari masyarakat secara gotong-royong. Jangka waktu proyek yang dianggarkan dari dana desa tahun 2018 ini adalah 15 hari kerja.

Karena tidak semua pekerjaan dapat dilakukan dengan gotong-royong, ada pekerjaan yang harus dikerjakan tenaga khusus seperti operator molen dan tukang batu. “Malam ini sehabis maghrib juga ada swadaya tenaga dari masyarakat, warga kerja bakti memulai meratakan cor beton,” ujar Agung, perangkat desa yang kebetulan berdomisili di dusun tersebut.

rabat-jalan

Warga bergotong-royong memulai pekerjaan rabat jalan di Dusun Godean Rt 03, Jum’at 11/05/2018 (Dokumentasi desa.id – foto : agung)

Sebelum dimulai pelaksanaan pekerjaan ini, beberapa hari yang lalu Ketua RT 03, Kasmin mengundang Pokmas dan tomas setempat di kantor rumahnya. Mereka diundang dalam rangka koordinasi dalam hal penempatan bahan material karena kondisi lokasi yang akan dibangun agak menanjak atau naik.

Malam ini Kades Sendang Budi Hardono juga melakukan peninjauan dimulainya pelaksanaan pekerjaan. “Warga cukup antusias karena yang hadir untuk bergotong-royong tidak hanya satu RT tapi dari ketiga RT dapat hadir maksimal. Saya perkirakan saat lebaran jalan ini sudah dapat dipergunakan,” jelas Budi.

Atas kesepakatan dan hasil musyawarah pokmas Dusun Godean bahwa masing-masing RT telah dijadwal untuk mengirimkan tenaga kerjanya 7 orang per malam. Sehingga diharapkan pekerjaan cepat selesai, mengingat sebentar lagi memasuki bulan ramadhan. Ketua RT 05 Mukimin mengatakan, “Untuk RT 04 dan RT 05 tiap malam dijadwal mengirimkan tenaga kerja masing-masing 7 orang, tapi kalau RT 03 tidak dijadwal karena diminta hadir tiap malam, ini sebagai bentuk partisipasi dan tanggungjawab yang ketempatan lokasi kegiatan,” pungkasnya.

rabat-jalan

Saat pekerjaan mencapai 10 % (Dokumentasi desa.id – foto : agung)

Walaupun malam hari, namun kegiatan berjalan lancar karena penerangan sudah dipersiapkan sejak sore hari. Pekerjaan pembangunan rabat jalan ini dibantu dengan menggunakan mesin molen dua unit sehingga mempercepat proses pengadukan cor. Saat berita ini diunggah, pekerjaan baru saja berhenti untuk istirahat dan akan dilanjutkan besok malam. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan