Pembangunan drainase di Dusun Kedungareng RT 04 dengan dana desa telah dimulai

SENDANG, sendang-wonogiri.desa.id │ Tadi malam, Kamis (3/4/2018) Warga Dusun Kedungareng, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, memulai pekerjaan menggali tanah untuk membangun drainase jalan dusun. Letak lokasi kegiatan berada di Dusun Kedungareng RT 04 RW 02. Alokasi anggaran untuk pembangunan drainase ini sebesar Rp 25 juta berasal dari dana desa tahap pertama.

drainase-jalan

Warga Dusun Kedungareng bergotong-royong di malam hari memulai penggalian tanah pembangunan drainase (Dokumen desa.id – foto : bagas)

Pembangunan drainase jalan ini direncanakan sepanjang 100 meter dengan lebar 1 meter dan tebal cor 0,12 meter dilakukan secara padat karya dan swadaya masyarakat. Jangka waktu proyek yang dianggarkan dari dana desa tahun 2018 ini adalah 15 hari kerja. Dengan upah pekerja sebesar Rp 4,2 juta.

Karena tidak semua pekerjaan dapat dilakukan dengan gotong-royong, ada pekerjaan yang harus dikerjakan tenaga khusus seperti operator molen dan tukang batu. “Sudah dua malam sehabis maghrib juga ada swadaya tenaga dari masyarakat, warga kerja bakti menggali tanah untuk pasangan cor beton,” ujar Sari, perangkat desa yang kebetulan berdomisili di dusun tersebut.

gotong-royong

Semangat gotong-royong warga Dusun Kedungareng memulai penggalian tanah untuk pembangunan drainase (Dokumen desa.id – foto : bagas)

Sebelum dimulai pelaksanaan pekerjaan ini, beberapa hari yang lalu Pemerintah Desa Sendang mengundang Pokmas, TPK dan para pendamping desa di kantor balai desa. Mereka diundang dalam rangka koordinasi dalam hal pembelian bahan material adalah tugas TPK dan penjelasan teknis terkait spesifikasi pembangunan infrastruktur oleh pendamping desa bidang teknik.

Kadus Kedungareng, Aria Bagas saat dihubungi reporter website Desa Sendang melalui ponselnya mengatakan bahwa dengan pembangunan drainase jalan di Dusun Kedungareng ini diharapkan dapat memperlancar aliran air dari rumah tangga warga. “Dan jika musim penghujan, drainase ini diharapkan sebagai solusi agar air tidak menggenangi jalan dan rumah warga yang berada dibawah jalan,” jelasnya. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.