Sore ini tim penilai lomba dari Provinsi Jawa Tengah lakukan verifikasi dan tinjauan lapangan ke Posluhdes Karya Bakti Desa Sendang

SENDANG │ Senin sore (30/04/2018) pukul 15.00 WIB rombongan Tim Juri dari Dinas Pertanian Pangan dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah yang dipimpin oleh Sutrisno, SE tiba di kantor Balai Desa Sendang. Rombongan hadir dalam rangka melakukan serangkaian kegiatan penilaian dan verifikasi data administrasi dan tinjauan lapangan di posluhdes Karya Bakti Desa Sendang.

posluhdes-karya-bakti

Rombongan Tim Penilai Posluhdes dari Provinsi Jateng disambut dengan atraksi seni reog di halaman balai Desa Sendang, Senin 30/04/2018 (Dokumen desa.id – foto : tanti)

Rombongan disambut oleh Forkompimcam Wonogiri (Camat, Danramil dan Kapolsek), Kades Sendang Budi Hardono, kades dan lurah se-kecamatan Wonogiri, ketua dan anggota posluhdes Karya Bakti serta semua tokoh masyarakat di Desa Sendang. Memasuki halaman balai desa, rombongan disuguhi atraksi seni reog dari sanggar tari “Batara” Kecamatan Wonogiri. Selain itu dipamerkan beberapa stand makanan hasil produksi potensi Desa Sendang seperti Bothok Ikan Nila, Tempe keripik, Susu Kedelai, Tempe Kedelai dan jamu gendong. Sore ini masyarakat Desa Sendang yang memiliki usaha kecil hasil binaan dari Posluhdes Karya Bakti memang sengaja dihadirkan untuk menjajakan hasil produksinya.


posluhdes-karya-bakti

Rombongan Tim Penilai melihat stand pameran hasil produksi potensi desa di halaman belakang balai Desa Sendang, Senin 30/04/2018 (Dokumen desa.id – foto : tanti)


Potensi-desa

Stand pameran hasil produksi potensi Desa Sendang di halaman balai Desa Sendang, Senin 30/04/2018 (Dokumen desa.id – foto : tanti)

Acara penilaian lomba posluhdes berprestasi tingkat Jawa Tengah pada sore ini diawali dengan sambutan Kades Sendang, Budi Hardono. “Desa Sendang memiliki peta geografis pegunungan, dari 12 dusun yang ada di desa kami, hanya 4 yang berada di wilayah dataran rendah dan sisanya ada 9 dusun berada di wilayah atas (pegunungan), maka diharapkan para penyuluh desa mampu mengembangkan potensi desa sendang dibidang pertanian, peternakan dan perikanan. Desa Sendang memiliki potensi perikanan yang luar biasa dengan banyaknya warga masyarakat yang memiliki usaha budidaya pembesaran ikan nila dengan media karamba jaring apung di Waduk Gajah Mungkur,” papar Budi.

sambutan-camat

Sambutan Camat Wonogiri pada acara penilaian lomba posluhdes berprestasi di halaman Kantor sekretariat Posluhdes Karya Bakti Desa Sendang, Senin 30/04/2018 (Dokumen desa.id – foto : tanti)

Sambutan berikutnya Camat Wonogiri, Slameto Sudibyo mengatakan, “Posluhdes Karya Bakti Desa Sendang ini sangat istimewa, karena dari delapan pengurusnya semua wanita. Diharapkan akan lebih telaten dalam membina & memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk menggali potensi Desa Sendang,“ jelasnya. Dia berharap posluhdes Karya Bakti Desa Sendang dapat mendapatkan juara sebagai posluhdes berprestasi tingkat Jawa Tengah. Sehingga dapat mengikuti jejak posluhdes Desa Wonoharjo yang pada tahun 2015 menjadi juara 1 tingkat provinsi Jawa Tengah.

Sutrisno, ketua rombongan tim penilai mengatakan bahwa kedatangannya ke Desa Sendang adalah melakukan verifikasi administrasi dan tinjauan lapangan, untuk menilai secara langsung kesesuaian antara data yang telah dikirim ke provinsi dengan kondisi riil di lapangan. Dia juga berkelakar bahwa ke Wonogiri sejatinya adalah pulang kampung, karena mertuanya ada di Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri.

posluhdes-karya-bakti

Tim Penilai Posluhdes dari Provinsi Jateng melakukan verifikasi data administrasi di sekretariat posluhdes Karya Bakti Sendang, Senin 30/04/2018 (Dokumen desa.id – foto : tanti)

Setelah beberapa sambutan selesai dilanjutkan dengan pemaparan sekilas dari sekretaris posluhdes Karya Bakti, Sari Retno Ningrum. Dalam paparannya yang disampaikan melalui slide berupa power point dijelaskan secara singkat profil posluhdes hingga kegiatan penyuluhan yang telah dilaksanakan. Juga ditampilkan foto-foto hasil usaha kegiatan produksi masyarakat seperti usaha pembuatan naget berbahan baku ikan nila, budidaya pembesaran ikan nila, dan usaha ekonomi rakyat lainnya.

paparan-profil-posluhdes

Sekretariat posluhdes, Sari Retno Ningrum memberikan paparan singkat tentang profil posluhdes Karya Bakti, Senin 30/04/2018 (Dokumen desa.id – foto : tanti)

Saat berita diunggah, tim penilai masih memverifikasi data administrasi di kantor sekretariat posluhdes Karya Bakti Desa Sendang. Setelah itu dilanjutkan tinjauan lapangan. Dan direncanakan akan dilanjutkan melihat potensi wisata yang dikelola oleh Bumdes Sendang Pinilih antara lain wisata Watu Cenik dan Puncak Joglo. (admin).

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan