Sosialisasi Pilgub Jateng 2018, PPK Wonogiri kedepankan pendekatan seni dan budaya reog

WONOGIRI – Sosialisasi Pilgub Jateng yang dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wonogiri mengedepankan pendekatan seni dan budaya, sehingga berbagai elemen masyarakat bisa menerima. PPK Wonogiri menggunakan media seni reog cilik dalam upaya memaksimalkan sosialisasi pilgub. Pertunjukan reog cilik dari Sanggar Seni “Kawulo Wonogiri” ini digelar pada Sabtu (28/04/2018) dimulai pukul 15.30 hingga 17.00 WIB bertempat di halaman sebelah barat Stadion Pringgodani, Wonokarto, Kecamatan Wonogiri.

sosialisasi-pilgub

Sosialisasi Pilgub Jateng di lapangan Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri, Sabtu 28/04?2018 (Dokumen desa.id – foto : satria)

Ketua PPK Wonogiri, Lia menjelaskan, pemilihan seni dan budaya reog cilik menjadi salah satu terobosan agar sosialisasi mengena ke masyarakat dan partisipasi masyarakat di hari pencoblosan minimal bisa mencapai 70%. Meskipun pemilih berbeda pandangan, tetapi dengan seni dan budaya bisa melebur menjadi satu tanpa permusuhan. ”Karena segmen yang berbeda-beda, maka kami mengadakan pendekatan juga berbeda,” tegasnya saat dihubungi reporter sendang-wonogiri.desa.id melalui ponselnya, Minggu pagi (29/4/2018).

sosialisasi-pilgub

Sanggar Seni Reog Kawulo Wonogiri turut sosialisasikan Pilgub Jateng dengan di lapangan Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri, Sabtu 28/04?2018 (Dokumen desa.id – foto : satria)

Selanjutnya Lia menjelaskan, kegiatan sosialisasi dilakukan dengan berbagai cara dengan melihat segmen yang akan diberi penjelasan terkait pilgub. Dia menilai lewat kegiatan seni dan budaya, bisa semakin mendekatkan PPK dengan masyarakat.

Banyak warga masyarakat yang menyaksikan gelaran acara sosialisasi Pilgub Jateng dengan pertunjukan seni budaya reog cilik ini. ”Banyak anak-anak mengajak orang tuanya untuk melihat, ini kesempatan PPK untuk memberikan sosialisasi pilgub kepada warga.” Ketua PPS Sendang, Sunarno (42) menilai sosialisasi dengan menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya membuat para pemilih tertarik hadir. Bahkan penonton tidak hanya dari kalangan tua, banyak juga dari kalangan muda atau pemilih pemula yang hadir.

sosialisasi-pilgub

Aksi Seni Reog di lapangan Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri, Sabtu 28/04?2018 (Dokumen desa.id – foto : satria)

Agung salah satu anggota sekretariat PPS Sendang berharap pendekatan melalui seni budaya bisa terus dilakukan. Tidak hanya terkait dengan Pilgub Jateng. ”Apa saja, soalnya dengan seni dan budaya semua orang bisa masuk. Apalagi kalau acaranya juga menghibur,” tandasnya.

Salah satu anggota PPK Wonogiri, Tissa menyampaikan bahwa seluruh anggota PPS se-kecamatan Wonogiri juga diundang untuk menghadiri acara sosialisasi Pilgub Jateng 2018 di lapangan pringgondani, guna menyaksikan sosialisasi PPK melalui pendekatan seni reog sekaligus mengambil Daftar Pemilih Tetap (DPT). (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan