Pemasangan Aplikasi Pembayaran Kios Online, Usaha Baru BUM Desa Sendang

SENDANG │ Sudah menjadi kebiasaan bagi setiap keluarga setiap bulannya pasti diharuskan untuk membayarkan kewajiban tagihan-tagihan rutin seperti listrik, air, telefon dan lain sebagainya. Itu baru tagihan yang umum, belum lagi jika memiliki berbagai cicilan semacam kredit kendaraan, kartu kredit, asuransi, pulsa handphone dan sebagainya yang juga harus di keluarkan setiap bulannya. Pastinya jumlah transaksi yang seperti demikian jumlahnya sangat banyak terjadi di setiap wilayah.

kios-online

Agus memasang aplikasi Kios Online di Kantor BUMDes Sendang, Rabu 25/04/2018 (Dokumen desa.id – foto : agung)

Akan sangat menyita waktu jika untuk menyelesaikan tagihan-tagihan tersebut kita harus mendatangi masing-masing tempat yang bersangkutan untuk menyelesaikannya. Namun dengan kemajuan teknologi hal ini tidak harus terjadi, dengan mudah kita bisa sekaligus menyelesaikannya di satu tempat saja seperti misalnya di ATM, bank, kantor pos yang memfasilitasi nasabahnya dengan layanan aneka pembayaran secara online, juga ada sebagian masyarakat yang melakukannya via M-Banking, Internet Banking dan sejenisnya.

Peluang itu ditangkap oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sendang Pinilih dengan membuka kios online. Kemarin sore, Rabu (25/04/2018) tepatnya pukul 17.10 WIB telah dipasang aplikasi Kios Online. Agus (Petugas resmi PPOB BRI) mengatakan, “Kemarin saya diundang untuk memasang aplikasi Kios Online di kantor BUMDes Sendang Pinilih, sore ini baru dapat saya kerjakan karena harus memasang di lain tempat. Pemasangan aplikasi tidak butuh waktu lama, paling lama 15 menit apalagi jaringan internet di kantor BUMDes ini sangat lancar,” jelas Agus.

kios-online

Agus menjelaskan cara pengoperasian aplikasi Kios Online kepada Marino Karyawan BUMDes Sendang, Rabu 25/04/2018 (Dokumen desa.id – foto : agung)

Syarat memasang aplikasi dan membuka layanan kios online ini cukup mudah. Salah satu karyawan BUMDes Sendang Pinilih mengatakan, “BUMDes hanya menyiapkan 1 nomor kontak HP petugas yang akan diregestrasi dan membuka rekening BRI untuk deposit modal,” kata Marino.

Kios Online BUMDes Sendang Pinilih ini melayani aneka ragam pembayaran rutin seperti tagihan listrik, air, internet, telefon dan berbagai cicilan kredit kendaraan hingga tiket kereta api. Layanan ini tentu bisa mempermudah masyarakat, karena lokasi kantor BUMDes yang membuka layanan ini cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat. Sehingga masyarakat Desa Sendang tentunya bisa lebih praktis untuk bisa melakukan pembayaran.

kios-online

Pemasangan aplikasi Kios Online di Kantor BUMDes Sendang, Rabu 25/04/2018 (Dokumen desa.id – foto : agung)

Sekdes Sendang Agung Susanto yang ikut menunggui pemasangan aplikasi kios online ini juga menyampaikan bahwa untuk melengkapi sarana kios online, Pemerintah Desa Sendang tahun 2018 sudah menganggarkan penyertaan modal. Anggaran penyertaan modal untuk BUMDes sebesar Rp 20 juta diperoleh dari bantuan keuangan provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 ini. Rencananya akan digunakan untuk penambahan modal deposit pembayaran online dan pembelian printer dot matrix untuk mencetak bukti pembayaran kios online. “Sebelumnya BUMDes Sendang Pinilih telah sukses mengelola obyek wisata desa seperti Wisata Watu Cenik, Wisata Puncak Joglo dan Wisata Menara Pandang. Dan saat ini menambah satu lagi bidang usaha baru yaitu pembayaran kios online,” tandas Agung.

Selanjutnya beberapa hari kedepan BUMDes akan mengupayakan untuk berpromosi kepada masyarakat dengan cara seperti membagi-bagikan brosur, kartu nama dan sebagainya. Dengan adanya kios online di BUMDes ini diharapkan masyarakat Desa Sendang tidak usah jauh-jauh ke kota untuk melakukan pembayaran tagihan listrik, air dan telefon. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.