Manfaatkan dana desa tahap I, warga Dusun Godean bangun rabat jalan secara padat karya

Sendang-wonogiri.desa.id, SENDANG │ Tadi malam, Rabu (25/04/2018) Warga Dusun Godean, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, mulai membangun akses jalan desa menggunakan Dana Desa tahap pertama. Dana Desa Tahap I sebesar Rp. 152 juta telah masuk ke rekening kas Pemerintah Desa Sendang pada Hari Rabu (11/04/2018). Salah satunya untuk realisasi pembangunan jalan rabat beton di Dusun Godean RT 03 RW 02 Desa Sendang.

rabat-jalan-dana-desa

Foto 0% (dari sebelah selatan) lokasi pembangunan rabat jalan Dusun Godean dari Dana Desa Tahap I (Dokumen desa.id – foto : Edi)

Jalan rabat beton tersebut menggunakan dana hingga Rp 25 juta. Peningkatan jalan sepanjang 398 meter dengan lebar 3 meter dan tinggi 0,12 meter dilakukan secara padat karya. Jangka waktu proyek yang dianggarkan dari dana desa tahun 2018 ini adalah 5 hari kerja. Dengan upah pekerja sebesar Rp 2.389.000,-.

rabat-jalan

Foto 0% (dari sebelah utara) lokasi pembangunan rabat jalan Dusun Godean dari Dana Desa Tahap I (Dokumen desa.id – foto : Edi)

Karena tidak semua pekerjaan dapat dilakukan dengan gotong-royong, ada pekerjaan yang harus dikerjakan tenaga khusus seperti operator molen dan tukang batu. “Pengerjaannya ini secara padat karya atau juga bergotong-royong. Jadi warga Dusun Godean yang mengerjakan sendiri jalan ini, ada swadaya tenaga ketika malam hari dan memberdayakan KK miskin sebagai pekerja di siang hari,” ujar sekdes, Agung, kepada reporter sendang-wonogiri.desa.id.

rabat-jalan

Tadi malam dimulai pembangunan rabat jalan Dusun Godean dari Dana Desa Tahap I (Dokumen desa.id – foto : Edi)

Sebelum dimulai pelaksanaan pekerjaan ini, beberapa hari yang lalu Pemerintah Desa Sendang mengundang Pokmas, TPK dan para pendamping desa di kantor balai desa. Mereka diundang dalam rangka koordinasi dalam hal pembelian bahan material adalah tugas TPK dan penjelasan teknis terkait spesifikasi pembangunan infrastruktur oleh pendamping desa bidang teknik.

rabat jalan

Pembangunan rabat jalan Dusun Godean dari Dana Desa Tahap I mencapai 30% (Dokumen desa.id – foto : Edi)

Diharapkan jalan ini dapat memudahkan mobilitas warga, mengingat mayoritas warga yang melewati jalan ini tidak hanya warga Dusun Godean, tapi ada warga dusun lain yang melewati menuju ladangnya. Salah satu warga yang rumahnya dekat dengan lokasi pembangunan jalan rabat ini mengatakan, “Jalan ini untuk kelancaran mengangkut padi dan kelancaran masyarakat untuk ke rumah maupun ke sawah,” tambah Tanti. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Semoga proses pembangunan berjalan dengan lancar dan berhasil sesuai dengan yang direncanakan.

Tinggalkan Balasan