Tadi malam Pemerintah Desa Sendang lanjutkan jemput bola pembayaran PBB di Dusun Gondanglegi

SENDANG, (sendang-wonogiri.desa.id) – Desa Sendang Kecamatan Wonogiri melanjutkan kegiatan jemput bola dalam pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Minggu (22/04/2018) Kades Budi Hardono, Sekdes Agung Susanto dan Kaur Umum Desa Sendang Edi Suminto menghadiri pertemuan Dusun Gondanglegi. Kehadiran para perangkat desa ini dalam rangka menarik PBB dan mensosialisasikan program-program kegiatan pelaksanaan pembangunan yang akan dilaksanakan pada bulan April- Mei ini.

jemput-bola-pbb

Kades Budi Hardono hadir pada pertemuan warga Dusun Gondanglegi untuk jemput bola pelunasan PBB, Minggu 22/04/2018 (Dokumentasi desa.id – foto : Edi)

Sebelumnya Kadus Gondanglegi, Sutarno telah mengumumkan kegiatan jemput bola PBB tersebut melalui pertemuan RT maupun pertemuan dusun sebelumnya. Sehingga tadi malam warga masyarakat telah menyiapkan membawa uang untuk melunasi PBBnya. Kebijakan jemput bola pelunasan PBB ini dilakukan untuk mencapai target seperti tahun lalu yaitu lunas PBB sebelum jatuh tempo.

Pada kesempatan itu Kades Sendang Budi Hardono mengatakan, “Saya berharap sebelum purna tugas sebagai kepala desa tanggal 14 Mei 2018 nanti PBB Desa Sendang sudah lunas, sehingga tidak menjadikan beban bagi pejabat yang akan mengganti saya. Prestasi Desa Sendang tahun lalu bisa lunas sebelum jatuh tempo supaya dipertahankan,” harap Budi.

pelunasan-pbb

Partisipasi kehadiran warga pada kegiatan jemput bola pelunasan PBB di Dusun Gondanglegi, Minggu 22/04/2018 (Dokumentasi desa.id – foto : Edi)

Realisasi pelunasan PBB setiap tahun mencapai 100 persen. Target PBB Desa Sendang Tahun 2018 ini senilai Rp 78.741.911 atau naik 33% dibandingkan tahun 2017 lalu yaitu sebesar Rp 58.912.958 dengan jumlah objek pajak 2.044. Bukti pencapaian 100 persen ini dapat dilihat dengan diterimanya piagam lunas pajak dan kursi lipat sebagai hadiah lunas PBB sebelum jatuh tempo dari BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kabupaten Wonogiri setiap tahunnya.

Sekdes Agung Susanto menambahkan bahwa Dusun Gondanglegi pada tahun 2018 ini mempunyai target pembayaran PBB sebesar Rp 8,2 juta. Ada beberapa kendala dalam penarikan PBB ini karena sebagian wajib pajak berdomisili di luar desa. “Kami terus berupaya memaksimalkan realisasi, salah satunya jemput bola. Kami sosialisasikan kepada warga bahwa segala bantuan dari pemerintah nominalnya jauh di atas PBB kewajiban warga, apalagi lunas PBB saat ini menjadi salah satu syarat untuk dapat mengajukan pencairan ADD (Alokasi Dana Desa) yang bersumber dari APBD Kabupaten,” kata Agung.

pertemuan-warga

Pemaparan rencana kegiatan desa pada pertemuan warga Dusun Gondanglegi, Minggu 22/04/2018 (Dokumentasi desa.id – foto : Edi)

Kaur Umum Edi Suminto yang tadi malam bertugas menerima pembayaran mengatakan, “Malam ini pendapatan pajak di Dusun Gondanglegi mencapai 3,7 juta, besok akan segera direkap dan dibayarkan ke Bank BPD selaku bank yang ditunjuk untuk menerima pembayaran PBB,” kata Edi. Rekap pelunasan PBB juga membutuhkan ketelitian karena pembayaran ke bank saat ini harus mengirim print out dari file yang diberikan BPKD Kab.Wonogiri. Tidak seperti beberapa tahun lalu masih secara manual atau ditulis tangan.

Pada akhir acara, Kepala Dusun Gondanglegi Sutarno menyampaikan permohonan maaf kepada semua warga jika selama mengemban amanah sebagai kadus Gondanglegi terdapat banyak kesalahan, karena bulan April ini sudah purna tugas sebagai perangkat desa karena batas usia. (admin).

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan