Potensi alami indahnya nuansa ufuk timur di wisata Gajah Mungkur

sendang-wonogiri.desa.id │ Desa Sendang dapat dikatakan sebagai salah satu desa yang mempunyai potensi wisata alam cukup beragam. Dari wisata Watu Cenik, wisata Puncak Joglo, wisata Menara Pandang Sokogunung dan tentunya obyek wisata waduk Gajah Mungkur yang sudah cukup dikenal oleh wisatawan nasional. Akses menuju objek wisata Gajah Mungkur ini bisa dibilang cukup mudah, apabila kita dari Jogja, bisa mengikuti rute Jalan Solo – Jogja – Wonogiri – Bayat – Manyaran – Wuryantoro – Waduk Gajah Mungkur. Apabila dari arah Solo, kita bisa menuju ke Kabupaten Wonogiri dengan melewati Kabupaten Sukoharjo, setelah memasuki Kabupaten Wonogiri, tinggal mengikuti rute menuju Pracimantoro (arah selatan) hingga kamu sampai di PLTA Gajah Mungkur. Setelah itu belok kanan dengan jalur menanjak (sudah terdapat banyak petunjuk jalan).


gajah-mungkur

Tulisan “Gajah Mungkur” sebagai ikon sekaligus wahana selfi bagi wisatawan (Dokumen desa.id – foto : agung)

Dari pusat kota Wonogiri hanya berjarak kurang lebih 6 km, tepatnya di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Lebih asyik dan romantis saat kita datang di wisata Gajah Mungkur ini di pagi hari. Terlebih saat matahari belum memancarkan sinarnya. Biasanya sebelum jam 06.00 WIB sudah ada penjaga loket yang siap membuka pintu gerbangnya.

wisata-perahu

Perahu wisata yang siap mengantarkan pengunjung mengelilingi waduk Gajah Mungkur (Dokumentasi desa.id – foto : agung)

Setelah masuk di lokasi wisata ini, kita langsung menuju tempat parkir yang cukup banyak pilihan. Ada lima lokasi parkir yang nyaman dan representatif karena dilengkapi dengan kamar mandi dan toilet. Ada juga lapangan sepakbola ditengah obyek wisata yang juga berfungsi sebagai tempat parkir kendaraan roda empat maupun roda dua. Banyak wahana yang disediakan di wisata Gajah Mungkur ini, ada tempat mainan anak-anak, waterboom, kebun binatang, sentra kerajinan dan pusat jajanan maupun oleh-oleh.

dermaga-perahu

Dermaga perahu di obyek wisata Gajah Mungkur (Dokumentasi desa.id – foto : agung)


gajah-mungkur

Salah satu wahana selfi di obyek wisata Gajah Mungkur (Dokumentasi desa.id – foto : agung)

Setelah masuk ke lokasi wisata ini, kita akan menjumpai ikon wisata ini dengan terpampang tulisan “O.W Gajah Mungkur” yang cukup besar sebagai wahana swafoto. Ada dua pasang patung garuda menghiasinya. Lalu pandanglah kearah timur, nuansa matahari terbit (sunrise) cukup indah dan romantis. Ada nuansa warna oranye disertai ombak kecil-kecil menghiasi bawah cakrawala. Untuk melepas lelah dan mencari kenyamanan jiwa, tempat ini bisa kita coba. Sayang sekali untuk dilewatkan.. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan