Hari ini Dinas PMD Kabupaten Wonogiri selenggarakan bimtek penyusunan RPJMDes angkatan ke-II

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id│Pagi ini, Rabu (18/04/2018) Dinas PMD Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan bimbingan teknis penyusunan RPJMDes bertempat di ruang pertemuan kantor Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa), jalan Durian No. 11 Sanggrahan, Wonogiri. Hadir dalam acara tersebut Kabid Pemdes Dinas PMD, Bapak Bambang Muladi, S.Sos, M.Hum, staf pemdes sekaligus pemateri Wartini, SE, serta sekdes dan kasi pemerintahan dari 27 desa se-Kabupaten Wonogiri.

Bimtek-RPJMDes

Bambang Muladi memberikan paparan materi tentang kondisi umum desa pada bimtek penyusunan RPJMDes, Rabu 18/04/2018 (Dok.desa.id / foto : agung)

Kepala Dinas PMD yang diwakili oleh Kabid Pemdes Bapak Bambang Muladi, S.Sos, M.Hum dalam sambutannya mengatakan,”Maksud dan tujuan dengan dilaksanakannya bimtek penyusunan RPKMDes ini diharapkan di desa tersedia dokumenn RPJMDes sebagai penjabaran visi-misi kepala desa. Dalam bimtek ini nanti juga akan dilaksanakan simulasi penyusunan RPJMDes bagi seluruh peserta, karena setelah bimtek ini diharapkan semua peserta mampu menyusun RPJMDes sesuai potensi di desanya masing-masing,” jelasnya. Selanjutnya acara dimulai dengan perkenalan dari masing-masing peserta dengan dipandu oleh Bapak Bambang.

Kegiatan bimtek penyusunan RPJMDes yang diselenggarakan Dinas PMD Kabupaten Wonogiri ini terbagi dalam 5 angkatan, dimulai pada tanggal 16 April 2018 hingga 28 April 2018. Hari ini merupakan bimtek angkatan kedua dan diikuti 27 desa, terutama desa yang kepala desanya akan berakhir masa jabatannya pada tahun ini.

Tujuan dari penyusunan RPJMDes adalah untuk mewujudkan pembangunan desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan keadaan setempat, menciptakan rasa memiliki dan tanggungjawab masyarakat terhadap program pembangunan di desa. Disamping itu untuk memelihara dan mengembangkan hasil-hasil pembangunan serta menumbuhkembangkan dan mendorong peran serta masyarakat dalam pembangunan di desa.

Bimtek-RPJMDes

Sekdes dan Kasi Pem mengikuti paparan materi tentang kondisi umum desa pada bimtek penyusunan RPJMDes, Rabu 18/04/2018 (Dok.desa.id / foto : agung)

Rudoko, salah satu sekdes senior dari Desa Purwosari mengatakan, ”Kami sudah pernah mengikuti bimtek serupa beberapa tahun lalu, jadi bimtek saat ini sebagai penyegaran saja, setelah kegiatan ini diharapkan semua peserta mampu menyusun RPJMDes baru, karena RPJMDes disusun sesuai kewenangan desa dengan mengacu pada perencanaan pembangunan kabupaten, “ tandas Rudoko.

bimtek-rpjmdes

Sekdes Purwosari, Sekdes Wonoharjo mengikuti bimtek penyusunan RPJMDes di dinas PMD, Rabu 18/04/2018 (Dok.desa.id – foto : agung)

Sekdes Desa Sendang, Agung Susanto yang juga mengikuti bimtek ini mengatakan,”Kades Sendang akan purna pada tanggal 14 Mei 2018, untuk itu penyusunan RPJMDes sudah harus dimulai pada tahun ini, karena setelah pilkades serentak yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Nopember 2018 maka tiga bulan setelah pelantikan kades, RPJMDes sudah harus ditetapkan, ” tandasnya.

Bimtek-RPJMDes

Bimtek penyusunan RPJMDes, Rabu 18/04/2018 (Dok.desa.id / foto : agung)

RPJMDes desa harus mengacu pada RPJM Kabupaten yang memuat visi dan misi kepala desa, rencana penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, pemeberdayaan masyarakat dan arah kebijakan pembangunan desa. Juga mempertimbangkan kondisi obyektif desa dan prioritas pembangunan kabupaten. Saat berita ini diunggah kegiatan masih berlangsung. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Semangat terus pak Sekdes, sesarengan mbangun Desa Sendang, sesarengan mbangung Wonogiri….

Tinggalkan Balasan