Pokmas Nila Kencana Launching Mobil Layanan Sosial Masyarakat di Desa Sendang

SENDANG │sendang-wonogiri.desa.id – Sabtu (14/04/2018) bertempat di halaman rumah Sugiyanto (39th) Dusun Sendang RT 01 RW 02 Desa Sendang Kecamatan Wonogiri telah dilaksanakan launching mobil layanan sosial oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) “Nila Kencana”. Pokmas Nila Kencana didirikan oleh sekelompok anak muda yang memiliki usaha yang bergerak dibidang budidaya ikan Nila di perairan Waduk Gajah Mungkur.  Acara launching ini dimulai pukul 20.00 WIB. Hadir dalam acara tersebut seluruh anggota BPD Sendang, Sekdes, Tomas, Toga, para relawan sosial dan warga masyarakat Desa Sendang.

launching-mobil-layanan-sosial

Ketua Pokmas Nila Kencana, Sugiyanto memberikan sambutan dalam launching mobil layanan sosial, 14/04/2018

Pokmas Nila Kencana dalam lima tahun terakhir telah melakukan kegiatan sosial di berbagai bidang. Diantara program kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain pelatihan cara budidaya ikan yang benar dengan mendatangkan ahli di bidang perikanan, pemberdayaan masyarakat dalam bidang pengolahan hasil perikanan. Saat ini sudah ada puluhan pemuda yang telah berhasil, mampu mandiri, berdaya guna dan sukses dalam berwirausaha di bidang budidaya ikan nila ini.

Mobil-sosial

Warga masyarakat hadir pada Launching Mobil Layanan Sosial Nila Kencana, 14/04/2018 (Dok. desa.id = foto : ibnu)

Dalam sambutannya pada acara launching mobil sosial ini, Sugiyanto selaku ketua pokmas Nila Kencana mengatakan, ”Melihat realita di masyarakat masih banyak warga yang membutuhkan uluran tangan sosial, maka kami pokmas Nila Kencana bertekad mewujudkan mobil layanan sosial, alhamdulillah atas partisipasi dari donasi para anggota dan warga masyarakat maka pada malam hari ini pengadaan mobil sosial dapat terwujud,” kata pria yang sering disapa Sugi ini.

Mekanisme penggunaan mobil layanan sosial ini sudah diatur sedemikian rupa agar masyarakat yang membutuhkan angkutan mendapatkan kemudahan. Semisal untuk mengantar atau menjenguk keluarga maupun tetangganya yang sakit ke rumah sakit, untuk mengantarkan anak yang akan dikhitan dan lain sebagainya. Masyarakat hanya akan dikenakan biaya 15 ribu untuk mengganti biaya bahan bakar tanpa membayar jasa sopir. Karena sudah disiapkan tenaga relawan sopir sebanyak 20 orang.

mobil-layanan-sosial

Sekdes Sendang, Agung Susanto memberikan sambutan dalam launching mobil layanan sosial Nila Kencana, 14/05/2018

Sekdes Sendang, Agung Susanto mewakili kades yang berhalangan hadir dalam kesempatan itu mengatakan Pemerintah Desa Sendang sangat berterima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas inisiatif  pokmas Nila Kencana yang berhasil mewujudkan mobil layanan sosial masyarakat. “Mobil layanan sosial ini merupakan wujud kepedulian pokmas Nila Kencana kepada masyarakat yang selama ini kesulitan mendapat angkutan, khususnya dalam keadaan darurat dan berada di pedesaan. Mobil ini bisa digunakan untuk mengantar orang sakit, menjenguk warga ke rumah sakit dan keperluan masyarakat lainnya. Semoga menginspirasi bagi para aghniya atau mereka yang kaya untuk lebih peduli pada warga duafa, dan semoga mobil layanan sosial ini nanti membawa manfaat dan barokah bagi masyarakat Desa Sendang,” kata Agung kepada reporter sendang-wonogiri.desa.id, tadi malam.

Dalam acara launching ini telah diserahterimakan kunci mobil jenis panther untuk layanan sosial dari ketua pokmas Nila Kencana kepada koordinator relawan masyarakat, Ibnu Asmoro. Rencananya mobil ini akan dipersiapkan layanan 24 jam dengan relawan sopir sebanyak 20 orang berasal dari beberapa dusun di Desa Sendang. Mereka melakukan kegiatan sosial ini tanpa imbalan, benar-benar sebagai relawan sosial. Semoga menginspirasi bagi masyarakat yang lain. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan