Karang Taruna “IKRAS” gelar kerja bakti menata batu sebagai anak tangga menuju wisata Menara Pandang Sokogunung

kerja-bakti

Karang Taruna IKRAS Dusun Sokogunung bersama warga kerja bakti menata batu anak tangga wisata Menara Pandang, Sokogunung, Minggu 15/04/2018 (foto iqbal : dok desa.id)

SENDANG – sendang-wonogiri.desa.id │Sejatinya pemuda merupakan kunci kemajuan desa. Dengan semangat muda dan ide-ide segarnya setiap desa mampu bersaing dengan perkembangan zaman. Gerakan pemuda desa tersebut dapat dilakukan mulai dari hal yang mendasar seperti kepedulian atas kebersihan desa. Dengan menenteng cangkul, sabit dan alat pemotong rumput, puluhan pemuda Rt 03 Dusun Sokogunung, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri yang tergabung dalam Karang Taruna “IKRAS” (Ikatan Karang Taruna Sokogunung) guyub rukun bersemangat melakukan kerja bakti, Minggu (15/04/2018).

kerja-bakti-karang-taruna

Karang Taruna IKRAS Dusun Sokogunung kerja bakti menata batu anak tangga menuju wisata menara pandang, Minggu (15/04/2018) (Dok.desa.id- foto : iqbal)

Kerja bakti ini rutin dilaksanakan setiap dua minggu sekali di waktu pagi hari. Pada minggu ini, sepanjang jalan Rt 03 RW 05 yang menuju ke area wisata Menara Pandang Sokogunung menjadi fokus kerja bakti. Kegiatan dimulai dari pukul 06.00 wib sampai 10.00 WIB. Selain diikuti oleh seluruh pemuda yang tergabung dalam karang taruna, beberapa orang tua juga ikut mengapresiasi dan membantu mengangkut batu yang ditata sebagai anak tangga.

kerja-bakti

Karang taruna kerja bakti menata batu menuju akses wisata Menara Pandang, Sokogunung, Minggu 15/04/2018 (Dok.desa.id – foto : iqbal)

Menurut Iqbal Syamsudin, Ketua Karang Taruna IKRAS, kegiatan kerja bakti oleh karang taruna ini rutin dilakukan setiap dua minggu sekali namun untuk kerjabakti seluruh warga yang melibatkan bapak-bapak dilakukan rutin setiap minggu. Dalam kerja bakti ini pun, pembagian tugas pun dilakukan dengan cermat. Seperti sebagian ada yang memotong rumput dipinggir-pinggir jalan agar kelihatan bersih dan rapi. Dan sebagian mengangkat batu yang dipasang sebagai anak tangga menuju lokasi wisata menara pandang Sokogunung, sehingga terkesan alami dan eksotik. Ada 100 batu yang dapat ditata pada pagi hingga siang ini. Semua batu-batu itu telah disiapkan oleh BUMDES Sendang Pinilih sebagai badan usaha desa yang dipercaya untuk mengelola wisata menara pandang sokogunung ini.

anak-tangga-wisata

Hasil kerja bakti karang taruna IKRAS Dusun Sokogunung menata batu untuk anak tangga meuju wisata menara pandang (dok.desa.id – foto : iqbal)

Lanjut Iqbal, selain menjaga lingkungan di daerah tempat tinggalnya terutama penataan anak tangga menuju tempat wisata, kegiatan ini juga untuk mengisi aktifitas kepemudaan di setiap hari Minggu. Selain itu karang taruna Dusun Sokogunung ini setiap hari ada yang ditugaskan untuk mengatur dan menjaga kendaraan di lokasi parkir wisata. Pendapatan dari jasa parkir ini sebagian untuk mengisi kas karang taruna dan sebagian untuk jasa mereka yang bertugas mengelola parkir. Hasil dari pendapatan parkir ini lah yang selalu menjadi penyuplai sumber dana kegiatan. “Karena kita tahu bahwa hari minggu adalah hari yang pas, yang bekerja libur dan yang sekolah juga libur maka dari itu agar kita (pemuda) juga bisa bekerja untuk masyarakat,” tegasnya.

anak-tangga-wisata

Anak tangga menuju wisata Menara Pandang Sokogunung hasil kerja bakti karang taruna IKRAS, Minggu 15/04/2018 (dok.desa.id – foto : iqbal)

Mariko, Ketua RT 03 turut memberi apresiasi menurutnya ini merupakan bukti kegiatan positif yang dilakukan oleh pemuda. Mariko pun berharap tidak hanya pemuda tetapi bapak-bapak warga masyarakat di dusunnya juga dapat ikut berperan dalam kegiatan ini. Terlebih, kegiatan sudah dipelopori oleh pemuda-pemuda karang taruna dusun. “Disetiap hari Minggu mereka mengisi waktu untuk kerja bakti bukan bermalas-malasan atau mengisi kegiatan yang tidak ada hasilnya seperti misalnya nongkrong,” pungkasnya. (admin)

About sendang-wonogiri 615 Articles
kami hanya sangat ingin tahu...kami ingin meniru mereka yang luar biasa, yang sederhana dalam ucapan dan tulisan, tetapi hebat dalam tindakan...

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan