Dalam rangka Tata Kelola Keamanan, Polres Wonogiri buka Diklat Satpam Gada Pratama

SENDANG | sendang-wonogiri.desa.id – Jum’at pagi ini (13/04/2018) KBO Sat Binmas Polres Wonogiri Iptu Hartoyo bersama Aiptu Suratman berkunjung ke Kantor Pemerintah Desa Sendang. Keduanya disambut oleh Sekdes Sendang, Agung Susanto, SE. Kedatangan kedua staf Babinkamtibmas Polres Wonogiri ini terkait dengan program yang akan dilaksanakan yaitu Diklat Satpam. Selain itu, kunjungan tersebut sekaligus mohon dukungan kepeda Pemerintah Desa untuk mengumumkan kepada warganya, terutama usia 18-30 tahun untuk mengikuti diklat satpam ini.

Diklat-Satpam

KBO Satbinmas Polres Wonogiri, Iptu Hartoyo dan Aiptu Suratman berkunjung ke kantor Desa Sendang, Jum’at (13/04/2018)

Dalam kunjungannya ke Kantor Desa Sendang, Iptu Hartoyo menyampaikan bahwa Satpam merupakan ujung tombak penanggung jawab keamanan, bagi perusahaan tempatnya bertugas. Sehingga bekal keterampilan dan kemampuan bagi calon anggota sangat penting. Untuk itu pihak Polres Wonogiri melalui Satuan Pembinaan Masyarakat bekerjasama dengan Badan Usaha Jasa Keamanan (BUJP) PT. Trijaka Buana Jaya akan mengadakan Pendidikan dan latihan Gada Pratama, dengan pola 232 jam pelajaran. “Bagi anggota satpam yang belum pernah mengikuti kegiatan ini, diharapkan pelatihan ini dapat memberi bekal kemampuan dasar pengamanan, serta mempererat tali kemitraan antara Polri dengan anggota Satuan Pengamanan. Kalau bekerja sebagai satpam tapi belum memiliki sertifikat satpam, maka dia tidak boleh mengambil tindakan, juga tidak boleh memakai atributnya, harus menempuh pendidikan dasar terlebih dahulu, harus punya sertifikat Gada Pratama yang sekarang ini dikeluarkan Polda” jelasnya.

Diklat-Satpam-Gada-Pratama

Pemasangan spanduk penerimaan calon peserta diklat Satpam Gada Pratama

Pendidikan Keahlian Dasar Pendidikan & Pelatihan anggota SATPAM dilakukan bekerja sama dengan Kepolisian Daerah setempat dengan kurikulum mengacu pada Peraturan Kapolri No. 18 th 2006 & Peraturan Kapolri No. 24 th 2007.  Adapun pola pelatihan untuk tiap-tiap jenjang yakni sebagai berikut : Gada Pratama, Diklat kemampuan dasar pola 232 jam, Gada Madya, Diklat kemampuan menengah pola 160 jam, Gada Utama, Diklat kemampuan manajerial pola 100 jam.

Adapun Diklat Satpam yang akan dilaksanakan kali ini adalah diklat tingkat dasar (Gada Pratama). Gada Pratama ialah pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam. Lama pelatihan empat minggu bersama pola 232 jam pelajaran. Materi pelatihan antara lain Interpersonal Skill, Etika Profesi, Tugas Pokok, Fungsi & Peranan Satpam, Kekuatan Kepolisian Terbatas, Bela Diri, Pengenalan Bahan Peledak, Barang Bernilai & Latihan Menembak, Wawasan Narkotika, Psikotropika & Zat Adiktif Yang Lain, Pemakaian Tongkat Polri & Borgol, Wawasan Baris Berbaris & Penghormatan.

Diklat-Satpam

Pemasangan spanduk penerimaan peserta diklat Satpam Gada Pratama di Depan Kantor Balai Desa Sendang

Personel Satuan Pengamanan (Satpam), secara fungsional dan struktural, memiliki peran penting dalam tata kelola pengamanan terhadap proses bisnis organisasi. Anggota Satpam, memiliki posisi strategis sebagai garda terdepan dalam rangka upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan