BUMDes Sendang Pinilih terima kunjungan 8 BUMDes dari Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo

Sendang, (sendang-wonogiri.desa.id) │ Sebanyak 50 personil yang terdiri dari Forkompimcam, Kepala Desa dan Pengelola BUMDesa se-Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo pada hari Sabtu 7 April 2018 mengadakan kunjungan Studi banding Ke BUMDes Sendang Pinilih Desa Sendang. Kehadiran rombongan diterima langsung oleh pimpinan Bumdes Sendang Pinilih Bp. Sukamto, juga hadir perwakilan dari Dinas PMD Kabupaten Wonogiri Bp. Sukalino beserta unsur pemerintahan Desa Sendang.

Studi Banding BUMDes

Ketua BUMDes Sendang Pinilih, Sukamto memaparkan sejarah singkat berdirinya BUMDes Sendang Pinilih (Dok. desa.id – foto : Marino)

Penerimaan tamu rombongan dari Kecamatan Kalibawang ini bertempat di Rumah Makan Sari Raras, Dusun Bendorejo, Desa Sendang. Sekaligus rombongan dapat menyaksikan keindahan Waduk Gajah Mungkur sembari menikmati sajian Ikan Nila Bakar salah satu ciri khas kuliner Desa Sendang. Acara dimulai pukul 13.30 WIB. Dalam sambutannya Camat Kalibawang Harsono menyampaikan bahwa di Kecamatan Kalibawang ada 8 desa namun bumdes yang dapat berjalan baru 2 desa. Dia mengharapkan dari BUMDes Sendang Pinilih memberikan kiat-kiat khusus hingga BUMDes bisa berjalan dengan lancar.

Studi Banding

Para peserta studi banding BUMDes se-Kec. Kalibawang, Wonosobo di BUMDes Sendang Pinilih (Dok. desa.id – foto : Marino)

Pada kesempatan tersebut Bp. Sukalino selaku perwakilan dari Dinas PMD menjelaskan ada 3 komitmen yang yang harus ada dalam pembentukan BUMDes yaitu pertama dukungan dari pemerintah desa, kedua semangat dari pengurus BUMDes dan tentunya peran aktif dari masyarakat setempat. “Kepala Desa di Wonogiri disarankan untuk bisa menganggarkan penyertaan modal bumdes dalam APBDes desanya, ” imbuh Sukalino.

Kemudian Sukamto selaku pimpinan BUMDes Sendang Pinilih memberikan paparan mengenai sejarah singkat dibentuknya BUMDes Sendang Pinilih. Dia mengatakan bahwa BUMDes berangkat dari nol karena belum mempunyai modal sama sekali, tapi dengan semangat kerja sama antara pemerintah desa dan masyarakat sehingga dapat terwujud BUMDes seperti saat sekarang ini. “Bumdes sudah ada rencana program kedepan diantaranya penataan tata ruang wisata, peningkatan daya saing disektor pariwisata jasa online dan pangkalan LPG,” papar pria yang dipanggil dengan nama Kamto ini.

BUMDes Kec Kalibawang

Kunjungan BUMDes Kec. Kalibawang, Wonosobo di Obyek Wisata Watu Cenik, Desa Sendang (Dok. desa.id – foto : Marino)

 

Paralayang di Puncak Joglo

Peserta studi banding dari BUMDes se-Kec. Kalibawang disuguhi atraksi Paralayang di Puncak Joglo, Sendang (Dok. desa.id – foto : Marino)

 

Studi banding BUMDES

Studi Banding BUMDes se-Kec. Kalibawang di Puncak Joglo Sendang (Dok.desa.id – foto : Marino)

 

Studi banding BUMDES Kalibawang

Rombongan studi banding BUMDes se-Kec. Kalibawang di Obyek Wisata Puncak Joglo Sendang

Setelah acara ramah tamah selesai dilanjutkan berkunjung ke destinasi wisata Sendang Pinilih diantaranya Puncak joglo dan Watu Cenik. Di Puncak Joglo rombongan disuguhi atraksi Paralayang oleh atlit yang dibina oleh BUMDes Sendang Pinilih. Dalam kunjungan ini Camat Kalibawang merasa takjub dengan keindahan panorama alam yang dimiliki oleh Sendang Pinilih. Dia berharap ada lokasi di Kalibawang yang dapat dijadikan wahana wisata dengan mengandalkan keindahan alam karena di geografis  wonosobo sangat mendukung untuk dijadikan wahana seperti ini. (ibnu)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

4 Respon

  1. Mariyanto berkata:

    Maju teruuus, pantang mundur, demi kejayaan Sendang-Wonogiri.

  2. endang puji berkata:

    semangat..maju terus..usul daerah sepanjang jalan raya alangkah indahnya bila dikasih taman 2…bunga2..yg mudah tumbuh misal bunga kertas..po..ya..yg baunya nggak enak itu loh..tapi indah cocok untuk daerah sulit air jg..cuman contoh..

Tinggalkan Balasan