Sosialisasi Pilgub di Wonogiri dikemas dalam Pertunjukan Wayang Kulit

Wonogiri, (sendang-wonogiri.desa.id) – KPU Jawa Tengah mensosialisasikan perihal pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang akan berlangsung beberapa bulan kedepan dengan tema Pilgub Jateng Berbudaya. Sosialisasi dikemas dengan menggelar pertunjukan wayang kulit yang dilaksanakan di Alun-alun Giri Krida Bakti Kabupaten Wonogiri pada Sabtu (31/03/2018). Pagelaran Wayang Kulit kali ini dipentaskan oleh dalang Ki Warseno Slank mengambil lakon Wahyu Wiji Sejati dengan bintang tamu Marwoto dan Cak Dikin.

Wayang Kulit

Wakil Bupati Wonogiri, Edi Santosa bersama dalang Ki Warseno Slank (Dokumen desa.id – foto Tanti)

Wakil Bupati Wonogiri, Edi Santosa, menyampaikan, acara ini merupakan bentuk dukungan kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 Juni yang akan datang. Pelaksanaan Pilgub adalah amanah konstitusi yang harus dipertanggungjawabkan, maka sebagai warga masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Wonogiri harus ikut serta menjaga dan mensukseskan pesta demokrasi tersebut. “Ini menjadi bukti dan kesuksesan pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam memberikan pemahaman berpolitik dan mendidik demokrasi kepada masyarakat,” jelasnya, Minggu (01/04/2018).

Harapannya melalui penyelenggaraan wayang kulit ini dapat memberikan masukan serta mendorong masyarakat untuk berfikir maju agar ikut mendukung dan memberikan masukan untuk mensukseskan pemilihan gubernur tahun ini.

Wayang Kulit

Pagelaran Wayang Kulit di alun-alun Giri Krida Bakti bersama dalang Ki Warseno Slank (Dokumen desa.id – foto Tanti)

Kegiatan sosialisasi Pilgub Jateng ini dihadiri oleh Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Basuki Sepriyadi, Kapolres Wonogiri AKBP Roberto Pardede, S.IK. yang diwakili waka Kompol A.Aidil Fitri Syah, Perwakilan Plt Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jateng Slamet Iman Irwandi, Sekda Kabupaten Wonogiri Drs Suharno, Ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno, Ketua KPU Jawa Tengah Ir Joko Purnomo, Ketua KPU Wonogiri. Mat Nawir, S.Ag dan Ketua Panwaslu Wonogiri Ali Mahbub.

Sementara, Ketua KPU Jawa Tengah, Ir. Joko Purnomo, menambahkan, KPU Jateng mempunyai visi dan misi serta semboyan becik tur nyenengke. Pihaknya menginginkan Pilgub bersih dan dapat dijadikan sebagai evaluasi kepemimpinan lima tahun lalu dan dapat menjadi acuan dalam memilih pemimpin kedepan dan saat ini adalah saat yang tepat dalam memilih pemimpin. “Kami mengajak generasi muda dalam penyelengaraan pilkada ini dapat benar-benar digunakan untuk menyampaikan aspirasi secara serius dalam menentukan pemimpin yang tepat,” tambahnya.

Wayang Kulit

Sosialisasi Pilgub Jateng dengan Pagelaran Wayang Kulit (Dokumen desa.id – foto tanti)

Menurutnya, sebagai upaya mensosialisasikan Pilgub dikemas dengan berbagai cara dan seni budaya agar masyarakat dapat memahami tentang pentingnya hak pilih dalam pesta demokrasi Pilgub Jateng kali ini. Selain itu, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk menolak money politik sebagai racun dan harus dilawan bersama. (sumber : sorot wonogiri & sutanti kaur keu)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. S Margo Mulyo berkata:

    Pagelaran Wayangnya Cukup bagus dan Berkesan, Sayangnya Terlalu banyak Selingan / Lagu – lagu Campur Sari. Seharusnya Kalau Pertunjukan wayang Kulit Itu Cukup Diselingi Lawak,an, Boleh – boleh saja sich Dengan Diselingi Lagu Campur Sari, Tapi Jangan Terlalu Banyak Lagu – lagu Campur Sarinya. Cukup 1 Lagu / 2 Lagu Saja.

Tinggalkan Balasan