Senam Peregangan tiap Pukul 10 selama 10 menit, Program Puskesmas Wonogiri 1 Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat

sendang-wonogiri.desa.id│UPTD Puskesmas Wonogiri 1, yang dalam setiap hari melayani rata-rata 150 pasien. Tidak lepas dari kesalahan dalam melaksanakan pelayanan kesehatan, karena faktor menurunnya konsentrasi petugas kesehatan maupun kejenuhan yang dialami pasien selama menunggu di ruang tunggu. Kesalahan dalam pelayanan kesehatan ini termasuk dalam program Kesehatan Kerja dan Olahraga di Puskesmas. Yang bisa dikategorikan dalam bahaya potensial di Puskesmas maupun di tempat kerja lainnya.

Senam Peregangan

Senam Peregangan Tiap Pukul 10 selama 10 menit di Puskesmas Wonogiri 1 (dokumen sendang-wonogiri.desa.id)

Bahaya potensial di Puskesmas dapat mengakibatkan Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan Kecelakaan Akibat Kerja (KAK). Kedua bahaya potensial tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : Faktor Biologi (virus, bakteri dan jamur), Faktor Ergonomi (antiseptik, gas anestesi), Faktor Fisika (cara kerja yang salah), Faktor Psikologis yaitu hubungan sesama karyawan atau atasan, hubungan pemberi layanan dan penerima layanan di Puskesmas. UPTD Puskesmas Wonogiri 1 berupaya mengurangi salah satu Faktor yaitu Psikologis (terutama kejenuhan pasien dan menurunnya konsentrasi petugas). Berdasarkan data aduan masyarakat/pasien pada tahun  2016 ada  10 aduan masyarakat. Tujuh diantaranya terkait di tindakan kuratif / pengobatan, diakibatkan kejenuhan dalam menunggu dan menurunnya konsentrasi petugas.

Senam Peregangan

Senam Peregangan pasien/masyarakat pada Pukul 10 selama 10 menit di Puskesmas Wonogiri 1 (dokumen sendang-wonogiri.desa.id)

Setelah dikaji oleh Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri 1 dr. Pitut kristiyanta Nugraha, MM beserta tim manajemen Puskesmas melalui rapat tim akreditasi, rapat staf maupun forum pertemuan lainnya di Puskesmas, maka diambil kebijakan melalui senam peregangan tiap pukul 10.00 dalam waktu 10 menit. Kebijakan ini mengikat atau wajib dipatuhi oleh petugas kesehatan maupun oleh pasien/pengunjung yang datang ke UPTD Puskesmas Wonogiri 1.

Senam Peregangan

Senam Peregangan tiap Pukul 10 selama 10 menit di Puskesmas Wonogiri 1 diikuti oleh para pasien/masyarakat (dokumen sendang-wonogiri.desa.id)

Bambang Haryono, pelaksana program kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olahraga di Puskesmas Wonogiri 1 yang dihubungi melalui ponselnya mengatakan, “Setelah kebijakan program pukul 10.00 wib dalam 10 menit dilaksanakan, aduan masyarakat terkait tindakan pengobatan (kuratif), mulai berkurang. Berhasil menurunkan tingkat kejenuhan pasien dan mengembalikan konsentrasi petugas. serta adanya hubungan yang harmoni antara petugas dan pasien,” papar Bambang. (Bambang1)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan