Kepala Desa Sendang Pantau Langsung Distribusi Rastra Bulan Maret

SENDANG, sendang-wonogiri.desa.id | Senin (26/03/2018) Beras bantuan yang berasal dari Kementerian Sosial tersebut telah dibagikan dan di terima oleh keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Sendang. Menurut keterangan Kepala Desa Sendang, Budi Hardono, SE bahwa bantuan beras program Rastra ini sudah didroping ke Kantor Desa sejak Hari  Jum’at kemarin, namun masyarakat mulai mengambil pada Hari Senin ini. Jumlah keluarga penerima manfaat program Rastra di Desa Sendang pada Bulan Maret ini sebanyak 200 nama KPM, tersebar di 12 Dusun.

Rastra

Perangkat Desa mengecek Daftar Penerima Program Rastra (sendang-wonogiri.desa.id)

Mereka harus mengambil sendiri di Gedung TP PKK Desa Sendang tanpa uang tebus alias gratis. Namun, setiap KPM dijatah 10 kg beras medium atau berkurang 5 kg dibanding jatah tahun-tahun sebelumnya.

Mulyono Marino, salah satu warga penerima manfaat program Rastra dari Dusun Kedungareng mengatakan,”Saya sangat bersyukur mendapat bantuan ini, sangat membantu ekonomi keluarga saya, semoga programnya masih berlanjut terus,” harap Mulyono.

Bansos rastra

Perangkat Desa, Edi Suminto menyerahkan Bansos Rastra Bulan Maret kepada Bp. Mulyono (sendang-wonogiri.desa.id)

 

Bansos Rastra

Warga antri pengambilan Bansos Rastra Bulan Maret di Gedung TP PKK Desa Sendang (sendang-wonogiri.desa.id)

Tujuan dari Bansos Rastra yaitu Mengurangi beban pengeluaran KPM, melalui pemberian bantuan sosial berupa beras berkualitas medium kepada KPM dengan jumlah 10 Kg setiap bulannya tanpa dikenakan harga/biaya tebus. Sedangkan manfaat dari Bansos Rastra yaitu Peningkatan ketahanan pangan di tingkat KPM, sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan. Peningkatan akses pangan baik secara fisik (beras tersedia di TD/TB), maupun ekonomi (disalurkan tanpa dikenakan harga/biaya tebus) kepada KPM. Sebagai pasar bagi hasil usaha tani padi, Stabilisasi harga beras di pasaran, Pengendalian inflasi melalui intervensi Pemerintah dan menjaga stok pangan nasional serta membantu pertumbuhan ekonomi di daerah. (admin)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan