Pendataan Keluarga Sehat Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS PK) di Dusun Kedungareng

SENDANG-sendang-wonogiri.desa.id │Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat, oleh karena itu derajat kesehatan keluarga menentukan derajat kesehatan masyarakatnya. Berdasarkan  Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dijelaskan bahwa Pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Di tingkat Puskesmas hal tersebut dilakukan melalui kegiatan antara lain pendataan kesehatan seluruh anggota keluarga, membuat dan mengelola pangkalan data Puskesmas, menganalisis dan merumuskan masalah kesehatan dan melaksanakan kunjungan rumah dalam upaya promotif, preventif dan rehabilitatif. Menindaklanjuti hal tersebut pada Hari Rabu 14 Maret 2018, Puskesmas Wonogiri II menerjunkan Tim untuk mengadakan kegiatan pendataan IKS (Indek Keluarga sehat) di Dusun Kedungareng, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri.

Pendataan IKS di Dusun Kedungareng oleh Tim Puskesmas Wonogiri II (sendang-wonogiri.desa.id)

Tim terdiri dari tenaga kesehatan dari Puskesmas Wonogiri II sebanyak 14 orang, dibantu Mahasiswa Giri Satria Husada Wonogiri dan 12 kader posyandu dan PKK Dusun Kedungareng. Tim dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendata kurang lebih 140 KK yang tersebar di 4 RT. Pendataan kesehatan tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB dan selesai pada pukul 13.00 WIB. Tim berkumpul terlebih dahulu di Balai Dusun Kedungareng untuk pembagian kelompok yang akan berkunjung ke tiap-tiap rumah di Dusun Kedungareng.

Pendataan IKS

Pendataan IKS oleh Tim Puskesmas Wonogiri II di Dusun Kedungareng (sendang-wonogiri.desa.id)

Pendataan IKS meliputi cek tekanan darah pada anggota keluarga yang ada di tiap-tiap rumah, pemeriksaan tempat penampungan air, tanya jawab kuisioner tentang indikator PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dalam keluarga. Pelaksanaan kegiatan pendataan tersebut mendapat apresiasi yang positif dari warga masyarakat Dusun Kedungareng, hal ini terbukti kesiapan warga masyarakat dalam menerima saran dan banyaknya pertanyaan yang di ajukan oleh warga masyarakat terkait dengan bagaimana cara hidup yang sehat yang sesuai dengan anjuran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Petugas juga mengingatkan bahaya merokok bagi warga masyarakat serta mensosialisasikan bagaimana cara menghentikan kebiasaan merokok.

Pendataan IKS

Pemeriksaan Tekanan Darah saat Pendataan IKS oleh Petugas Puskesmas Wonogiri II di Rumah Ibu Wuri Dusun Kedungareng (sendang-wonogiri.desa.id)

 

Pendataan IKS

Pemeriksaan Bak Air Warga oleh Petugas dari PusKesmas Wonogiri II (sendang-wonogiri.desa.id)

Pada saat pendataan ditemukan beberapa permasalahan yang ada di lingkungan, diantaranya pembuangan sampah yang belum dikelola dengan baik, juga sarana pengolahan air limbah rumah tangga yang belum maksimal. Selain itu juga ditemukan seorang warga jompo bernama Mbah Kasiyah warga RT 03 yang hidup terlantar dan kurang mendapat perhatian dari warga sekitar. (aria)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan