Bupati Wonogiri Mengukuhkan Pengurus FKUB Kabupaten Wonogiri Periode 2018–2022

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id │ Pada Hari ini, Selasa (13/3/2018) Pukul 09.10 WIB bertempat di Aula Lantai II Ruang Pertemuan Girimanik Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri telah dilaksanakan kegiatan Pengukuhan Pengurus FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Wonogiri Periode 2018 – 2022.  Acara tersebut  dihadiri Bupati Wonogiri  Joko Sutopo, Dandim 0728/wng Letkol Inf Basuki Sepriadi yang sedang melaksanakan dinas luar (diwakili oleh Kapten Inf Bambang T. Pasiter ), Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede, Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri  Setyo Sukarno, Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri Suharno, Kepala Kantor Kesbangpol Sulardi, tokoh agama dari PD. Muhammmadiyah, DPD LDII, PC. NU, MTA, dan perwakilan Gereja-gereja di Kabupaten Wonogiri.

Forkompimda Kab.Wonogiri hadir dalam acara Pengukuhan Pengurus FKUB Wonogiri

Forkompimda Kab.Wonogiri hadir dalam acara Pengukuhan Pengurus FKUB Kab.Wonogiri di Aula Girimanik, Selasa 13/3/2018 (sendang-wonogiri.desa.id – foto agung)

Susunan acara dalam kegiatan tersebut antara lain : Pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Surat Keputusan, Pengukuhan, Sambutan dari Bupati Wonogiri, Pembacaan do’a dan penutup. Adapun peserta yang dikukuhkan sebanyak 17 orang tokoh agama dari lintas agama dan disaksikan 150 peserta dari tamu undangan.

Pengukuhan Pengurus FKUB

Pengukuhan Pengurus FKUB Periode 2018-2022 oleh Bupati Wonogiri, Selasa (13/3/2018) (foto sendang-wonogiri.desa.id)

 

Sambutan Bupati

Sambutan Bupati Wonogiri dalam acara Pengukuhan Pengurus FKUB Wonogiri Periode 2018-2022 (sendang-wonogiri.desa.id)

Pada sambutannya, Bupati Wonogiri menyampaikan, “Ada peristiwa monumental pada pagi hari ini, yaitu di saat sisa-sisa pengabdiannya atau di saat usia purna, tokoh-tokoh masyarakat ini masih mempunyai komitmen yang luar biasa yaitu bersedia mengabdikan diri, bersedia dikukuhkan sebagai pengurus FKUB, dan dengan dilantiknya pengurus FKUB Kabupaten Wonogiri periode 2018-2022 diharapkan dapat membantu dengan berbagi tanggung jawab dengan Pemerintah Kabupaten Wonogiri untuk menyelesaikan permasalahan – permasalahan umat beragama di Kabupaten Wonogiri, peran tokoh agama juga diharapkan dapat memberikan kecerdasan intelektual terkait penyelesaian permasalahan umat beragama, FKUB diharapkan dapat menjalankan perannya sehingga tercipta suasana yang harmonis dan saling memahami antar umat beragama serta mendidik masyarakat untuk beragama yang baik dan bernegara yang baik dalam rangka membantu pemerintah melaksanakan pembangunan nasional guna terciptanya kondisi yang kondusif.

“Salah satu tujuan dibentuknya Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) adalah sebagai wadah kerukunan antar umat beragama. Selain itu juga FKUB berperan sebagai mitra konsultatif bagi pemerintah daerah dalam memberikan rekomendasi kebijakan kepada kepala daerah terkait dengan kondisifitas kerukunan umat beragama di daerah. Oleh karena itu Bupati Wonogiri mengajak FKUB periode 2018–2022 dapat lebih bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas, dan bekerja tuntas untuk mencapai tujuan bersama. Selanjutnya kepada Pengurus dan Anggota FKUB lama diucapkan banyak terima kasih atas kerjasama dan kontribusinya selama masa jabatan,”pungkas Bupati Wonogiri dalam sambutannya.

Pengukuhan Pengurus FKUB

Bupati Wonogiri menyerahkan kunci kendaraan operasional FKUB dalam acara Pengukuhan Pengurus FKUB Wonogiri Periode 2018-2022 (sendang-wonogiri.desa.id)

Dalam kesempatan itu, Bupati Wonogiri juga menyerahkan secara simbolis bantuan kendaraan operasional untuk kegiatan FKUB yang diterima secara langsung oleh Ketua FKUB Periode 2018–2022, Ustdaz Kompol (Purn) H. Sutopo Broto. Adapun susunan personalia FKUB Kabupaten Wonogiri periode 2018–2022 yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati Wonogiri Nomor : 77 Tahun 2018 tanggal 12 Februari 2018 sebagai berikut : H. Sutopo Broto, Drs. Rosyidi Manshur, M.Si, E. Liliek Dwi Sularyanto, H. Haryadi, S.Ag, M.Pi, KH. Saifudin Arifin Al Hafidz, dr. Setyo Budi Santoso, H. Hidayat Masykur, S.Ag. M.Si, KH. Moh Nahdi, H. Joko Santoso, H. Supandi, H. Asfari, S.Ag, H. Tri Widodo, M.Pd, Drs. H. Rosyad Afandi, M.Ag, Pdt. Theofilus Agus Sulistyanto, Drs. P.Md. Sakiran dan Pinandito Slamet Dwiyono.

Lampiran SK Bupati Wonogiri

Lampiran SK Bupati Wonogiri Nomor 77 Tahun 2018 tentang Pengurus FKUB Kab Wonogiri periode 2018-2022

 

Pengurus FKUB

Bupati berfoto bersama dengan Pengurus FKUB Kab.Wonogiri periode 2018-2022 (sendang-wonogiri.desa.id)

Acara ditutup dengan pembacaan do’a dan dilanjutkan dengan ramah tamah serta ucapan selamat oleh Pejabat Forkompimda dan segenap tamu undangan kepada pengurus baru FKUB Kabupaten Wonogiri periode 2018 – 2022. Kepada mereka yang terpilih menjadi pengurus, diharapkan dapat memberikan peranannya secara aktif dalam menjalankan roda organisasi. Utamanya dalam menjaga kerukunan umat beragama di wilayah Kabupaten Wonogiri. Agar tercipta suasana yang kondusif, aman, tenteram, damai, dan terhindarkan dari friksi antar umat, serta mampu membangun sinergitas hubungan antar umat beragama, dalam turut serta sesarengan mbangun Wonogiri. (admin agung)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan