Pelantikan dan Pembekalan PPS Pemilu 2019 se-Kecamatan Wonogiri

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Wonogiri melantik sebanyak 45 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, di Pendopo Kantor Kecamatan Wonogiri, Kamis (8/3/2018). Hadir dalam acara itu seluruh anggota Forkompimcam Wonogiri, yaitu Camat Wonogiri, Bapak Drs. Slameto Sudibyo, Kapolsek Wonogiri, AKP Surono, Danramil Wonogiri, serta Panwaslu Kecamatan Wonogiri, rohaniawan dan tamu undangan.

Pelantikan PPS Pileg 2019

Menyanyikan lagu Indonesia Raya pada Pelantikan PPS Pemilu Serentak 2019, di Pendopo Kecamatan Wonogiri, dipimpin anggota PPK, Martisa Kirana Putri (Sendang-wonogiri.desa.id)

Acara dimulai tepat pukul 13.00 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh hadirin yang dipimpin oleh salah satu anggota PPK Kecamatan Wonogiri, Martisa Kirana Putri. Dilanjutkan sambutan dari Sekretaris Kecamatan Wonogiri, Drs. Suparno, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh calon anggota PPS Pileg dan Pilpres 2019 yang telah hadir memenuhi undangan PPK Kecamatan Wonogiri dalam rangka pengambilan sumpah/janji dan pelantikan PPS. “Sebagaimana diamanahkan PKPU Nomor 03 tahun 2018 ada dua mekanisme yaitu rekrutmen terbuka dan evaluasi, beberapa waktu lalu telah dilaksanakan tes wawancara bagi calon anggota PPS Pemilu 2019, maka hari ini PPK Kecamatan Wonogiri secepatnya melaksanakan pelantikan, agar kinerja PPK dan PPS Pileg 2019 dapat berkoordinasi sejak awal dan ini sesuai dengan tahapan yang telah dijadwalkan oleh KPU Kabupaten Wonogiri,” jelas Suparno.

Pelantikan PPS

Sambutan Sekcam Wonogiri, Drs. Suparno pada Pelantikan PPS Pemilu Serentak 2019, di Pendopo Kecamatan Wonogiri, (sendang-wonogiri.desa.id)

“Saat ini Sekretariat PPK Wonogiri ibarat ular berkepala dua namun berekor satu, karena ada 2 ketua, yaitu PPK untuk Pilgub Jateng 2018 diketuai oleh Aprilia Tami Yuniarti, dan untuk Pemilu serentak 2019 nanti sudah dilantik PPK baru diketuai Heri Nugroho, A.Md, dan untuk Lia pada Pemilu serentak 2019 sudah tidak menjadi anggota PPK lagi karena terkena periodesasi menjabat 2 kali sebagai ketua PPK,” kelakar Suparno. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah/janji yang dibacakan oleh Ketua PPK Wonogiri untuk Pemilu 2019, Heri Nugroho, A.Md dihadapan 2 orang perwakilan anggota PPS dari PPS Giripurwo dan PPS Sonoharjo. Sumpah/janji ditirukan dengan khidmat oleh seluruh peserta anggota PPS yang dilantik dan disaksikan oleh 2 orang rohaniawan.

Ketua PPK Kec. Wonogiri melantik dan mengambil sumpah PPS Pileg di Pendopo Kecamatan

Pelantikan PPS

Sambutan Anggota Komisioner KPU Wonogiri, Bambang Tetuko, ST pada Pelantikan PPS Pemilu Serentak 2019, di Pendopo Kecamatan Wonogiri

Sambutan kedua oleh anggota KPU Kabupaten Wonogiri, Bambang Tetuko, ST mengatakan, ada perubahan komposisi jumlah keanggotaan PPK di masing-masing kecamatan dari semula 5 orang anggota PPK pada Pilkada 2018, menjadi hanya 3 orang angggota PPK pada Pileg Pilpres 2019 mendatang. “Kami tidak melakukan rekrutmen terbuka dalam proses ini. Kami hanya melakukan evaluasi dari PPK dan PPS yang ada selama Pilkada 2018. Namun demikian kami lakukan perubahan komposisi dari semula PPK 5 orang menjadi 3 orang dan kami pilih dari PPK yang ada saat ini, dengan beberapa perubahan nama, kebetulan untuk PPK Wonogiri ada dua personil yang terkena periodesasi sehingga tidak perlu melakukan perekrutan lagi, yang tiga orang dilanjut ditetapkan sebagai anggota PPK Kecamatan Wonogiri” jelas Bambang.

Pelantikan PPS

Sambutan Camat Wonogiri, Drs. Slameto Sudibyo pada Pelantikan dan Pembekalan anggota PPS Pemilu Serentak Tahun 2019 di Pendopo Kecamatan Wonogiri (Foto : sendang-wonogiri.desa.id)

Dan pada sambutan yang ketiga, Camat Wonogiri, Drs. Slameto Sudibyo mengatakan, “Saya mengucapkan selamat kepada seluruh anggota PPS desa/kelurahan yang telah dilantik pada siang ini, selamat dalam arti mengandung tanggung jawab yang besar dalam rangka mengemban tugas dengan baik, benar dan ikhlas untuk mensukseskan Pemilu Pileg, Pilpres 2019 yang akan datang,” tuturnya.

Pelantikan PPS Pemilu 2019

Sambutan Kapolsek Wonogiri, AKP Surono pada Pelantikan dan Pembekalan anggota PPS Pemilu Serentak Tahun 2019 di Pendopo Kecamatan Wonogiri (Foto : sendang-wonogiri.desa.id)

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Wonogiri, AKP Surono ikut berpesan agar semua PPS menjaga netralitas dalam pilkada serentak 2019 mendatang. Kapolsek juga menyampaikan beberapa program yang telah dilaksanakan selama menjabat sebagai Kapolsek Wonogiri Kota diantaranya pembinaan kepada tenaga kerja di tempat hiburan atau cafe-cafe yang ada di Wonogiri dan juga pembinaan terhadap anak-anak jalanan dalam rangka mewujudkan Wonogiri Aman, Masyarakat Beriman.

Pelantikan dan Pembekalan anggota PPS Pemilu Serentak Tahun 2019 di Pendopo Kecamatan Wonogiri (Foto : sendang-wonogiri.desa.id)

Pembekalan dari KPU Wonogiri oleh Bambang Tetuko pada Pelantikan dan Pembekalan anggota PPS Pemilu Serentak Tahun 2019 di Pendopo Kecamatan Wonogiri (Foto : sendang-wonogiri.desa.id)

Selanjutnya pada sesi terakhir diadakan pembekalan terhadap semua anggota PPS Pileg 2019 oleh anggota komisioner KPU Kabupaten Wonogiri, Bambang Tetuko, ST. Dalam pembekalannya, Bambang mengajak semua anggota PPS untuk bekerja sesuai dengan tahapan, selalu berkoordinasi dengan PPK dan aparat setempat, seperti aparat Desa/Kelurahan maupun Kecamatan, karena PPS tidak memiliki kantor secara otomatis akan meminjam kantor Desa/Kelurahan setempat maka harus selalu koordinasi dengan aparat setempat.

Pelantikan PPS

Ucapan selamat oleh Forkompimcam Wonogiri untuk seluruh anggota PPS Pemilu 2019 (Foto : sendang-wonogiri.desa.id)

Acara ditutup dengan do’a dan ucapan selamat dari pejabat Forkompimcam Wonogiri dan anggota PPK Kecamatan Wonogiri untuk seluruh peserta anggota PPS Pemilu 2019. Anggota PPS Pemilu 2019 yang telah dilantik diharapkan dapat menjalankan tugas dan kewajiban yang sebaik-baiknya sesuai dengan aturan yang ada, sehingga diperoleh hasil pemilihan umum yang berkualitas. (adm/agg)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Selamat dan Sukses untuk pelantikan PPS se Kec Wonogiri. Semoga amanah.

Tinggalkan Balasan