Pemberdayaan Masyarakat melalui kegiatan MPA-PHAST oleh UPTD Puskesmas Wonogiri II pada Komunitas Pasar Rakyat

WONOGIRI, sendang-wonogiri.desa.id – UPTD Puskesmas Wonogiri II telah melaksanakan kegiatan  Pemberdayaan Masyarakat melalui program MPA-PHAST pada Selasa (6/3/2018) di Pasar Kota Wonogiri. MPA-PHAST (Methodology Participatory Assessment Participatory Hygiene and Sanitation Transformation) adalah suatu metodologi untuk membantu masyarakat, pelaksana program dan pengambil keputusan untuk mencapai keberlanjutan dan pemerataan pelayanan juga untuk mengidentifikasi dan menemukan solusi permasalahan hygiene dan sanitasi.   MPA – PHAST diartikan sebagai transformasi hidup bersih dan sanitasi dengan menggunakan metode partisipasi. MPA mempunyai tujuan fokus pada perencanaan sarana air bersih dan sanitasi, sedangkan PHAST mempunyai tujuan fokus pada perubahan perilaku hidup bersih dan sehat serta pencegahan penyakit.

kegiatan MPA-PHAST oleh UPTD Puskesmas Wonogiri II

Kegiatan MPA-PHAST oleh UPTD Puskesmas Wonogiri II di Komunitas Pasar Rakyat Wonogiri

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri II, dr. Antik Istiqomah, ikut dalam kegiatan tersebut beberapa staf diantaranya Endang Puji Astuti, SKM, MM, Supartono, SKM, MP, H. Dian Kurniawati, SST dan Trisni Jumiarsih, AMKL dan dibantu 2 mahasiswa Akper Giri Satria Husada Wonogiri. Kegiatan ini meliputi sosialisasi tentang MPA-PHAST dan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), pemeriksaan gula darah sebagai rintisan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) untuk PTM (Penyakit Tidak Menular) di Pasar Kota Wonogiri.

kegiatan MPA-PHAST oleh UPTD Puskesmas Wonogiri II di Komunitas Pasar Rakyat

Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri II, dr.Antik Istiqomah terjun langsung kegiatan pemeriksaan kesehatan masyarakat di Pasar Kota Wonogiri (sendang-wonogiri.desa.id)

Salah satu staf Puskesmas Wonogiri II, Trisni, J, AMKL yang dihubungi reporter sendang-wonogiri.desa.id melalui ponselnya mengatakan, “Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 10.00 – 12.00 WIB, bertempat di lantai 3 Pasar Kota Wonogiri, peserta ada 50 orang terdiri dari pemilik warung makan dan pengelola MCK di Pasar Wonogiri, juga dilakukan pemeriksaan gula darah kepada seluruh peserta” tuturnya. Dalam kesempatan ini, materi MPA – PHAST disampaikan oleh Trisni J, AMKL dan Sosialisasi Germas oleh Endang Puji Astuti, SKM, MM.

kegiatan MPA-PHAST oleh UPTD Puskesmas Wonogiri II di Komunitas Pasar Rakyat

Kegiatan MPA-PHAST oleh UPTD Puskesmas Wonogiri II di Komunitas Pasar Rakyat

 

kegiatan MPA-PHAST oleh UPTD Puskesmas Wonogiri II di Komunitas Pasar Rakyat

Kegiatan Cek Gula Darah oleh UPTD Puskesmas Wonogiri II di Komunitas Pasar Rakyat, Pasar Kota Wonogiri (sendang-wonogiri.desa.id)

Model pemberdayaan masyarakat ini dilakukan dengan melibatkan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi dalam kurun waktu tertentu, sesuai dengan kemampuannya berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat diantara masyarakat itu sendiri. Keuntungan dari metode yang berbasis masyarakat seperti MPA-PHAST ini adalah akan menjamin keberlanjutan penggunaan sarana.

Tiga Alasan Utama Perlunya Melibatkan Partisipasi Masyarakat, antara lain :

  1. Partisipasi masyarakat merupakan suatu alat untuk memperoleh informasi mengenai kondisi, kebutuhan, dan sikap masyarakat setempat.
  2. Masyarakat akan lebih mempercayai program atau proyek jika merasa dilibatkan dalam proses persiapan dan perencanaan karena mereka tahu seluk beluk proyek dan akan mempunyai rasa memiliki terhadap proyek tersebut.
  3. Mendorong  adanya   partisipasi  umum,  karena timbul anggapan bahwa merupakan suatu hak demokrasi   bila masyarakat dilibatkan dalam pembangunan masyarakat mereka sendiri.

Dengan kegiatan ini , diharapkan masyarakat untuk lebih bisa menggali dan mencari, apa kira-kira permasalahan yang dihadapi di lapangan sebagai pedagang dan bisa mendapatkan solusi dengan sendirinya, terutama hal – hal yang berhubungan dengan masalah kesehatan pangan dan lingkungan kerja yang lebih sehat. (adm3)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Bambang berkata:

    Sip….dan tetap semangat

  2. Agung berkata:

    Jih pak…walaupun berita level kecamatan tetap kami unggah, agar masyarakat semakin tahu perkembangan informasi di wilayahnya…

Tinggalkan Balasan