Selamat datang di Sendang, Tim Penilai Lomba Desa Kecamatan Wonogiri…

Sendang-wonogiri.desa.id, SENDANG –Tim II Penilai Lomba Desa Tingkat Kecamatan Wonogiri mengadakan penilaian di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, hari ini Senin (5/3/2018). Kepala Desa Sendang, Budi Hardono, SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim II Penilai Lomba Desa Tingkat Kecamatan Wonogiri. Ia berharap dengan keikutsertaannya Desa Sendang dalam lomba desa di Kecamatan Wonogiri ini dapat memberikan motivasi kepada seluruh perangkat desa dan komponen kelembagaan desa untuk membangun desa menuju kesejahteraan masyarakatnya. “Sejak tahun 2012 berbagai pembangunan di Desa Sendang banyak kemajuan yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Budi Hardono. Lanjut menurutnya, lomba ini tidak semata-mata untuk berusaha menjadi juara 1. “Tapi untuk merubah yang tidak tahu menjadi tahu, yang baik menjadi lebih baik. ‘From Zero to Hero’ untuk Desa Sendang, dengan harapan Desa Sendang menjadi lebih baik dimasa yang akan datang,” harapnya.

Lomba Desa

Tim II Penilai Lomba Desa Kec.Wonogiri disambut Kepala Desa Sendang, Budi Hardono, SE (Foto sendang-wonogiri.desa.id)

Sementara itu, Ketua Tim II Penilai dari Kecamatan Wonogiri, Bapak Drs. Suparno, yang juga menjabat Sekretaris Kecamatan Wonogiri ini menyampaikan bahwa lomba desa ini diikuti oleh 9 desa dan 6 kelurahan se- Kecamatan Wonogiri, penilaian dimulai sejak tanggal 26 Pebruari 2018 hingga 8 Maret 2018 yang akan datang. “Lomba desa ini dilakukan dalam upaya mendorong meningkatan partisipasi masyarakat dalam membangun juga untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan di desa yang didasarkan pada orsinalitas gagasan, kreatifitas dan partisipasi swadaya gotong royong masyarakat, sebagai salah satu upaya dalam mendorong kemandirian masyarakat, juga dalam rangka monitoring dan mengevaluasi terhadap pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan yang ada di Kecamatan Wonogiri,” ungkap Bapak Suparno.

Tim Penilai Lomba Desa

Tim Penilai Lomba Desa Kec Wonogiri mengecek kelengkapan administrasi desa (foto sendang-wonogiri.desa.id)

Tim II penilai lomba desa yang hadir di Desa Sendang, antara lain Bp. Heri Purnomo,S.Pi (Kasi PMD kec.wonogiri), Ibu Suci Rahayu, SE (Kasubbag Umum Kepegawaian Kec.Wonogiri), Ibu Sri Hastuti, SP (Pertanian Kec.Wonogiri), Jesi (Pendamping Desa), Bp. Iwan Ristanto, ST (Pendamping Desa), Bp.Priyono (Naperlak) dan Babinsa Sendang, Serda Sunarno. Hadir pula dalam penilaian tersebut diantaranya, beberapa unsur dari TP PKK Desa Sendang yakni, Ketua, Sekretaris, Bendahara, Ketua Pokja 1-4. Kehadiran tim penilaian lomba desa ini disambut oleh seluruh Perangkat Desa Sendang dan TP PKK Desa dengan sangat antusias.

Adapun dokumen administrasi yang dicek oleh  Tim Penilai Lomba adalah :

  1. Data Profil Desa Tahun 2016 dan 2017

  2. Mengisi Instrumen Pemantauan dan Data Indikator Perlombaan Desa yang terdiri dari bidang : Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi Masyarakat, Pemerintahan, Lembaga Kemasyarakatan dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang datanya dapat diperoleh dari Profil Desa.

Dasar hukum pelaksanaan Lomba Desa sebelumnya adalah Permendagri No 13/2007 tentang Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan. Kemudian peraturan ini diperbaharui dengan Permendagri No 81/2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Jadi ada pergeseran paradigma dalam penilaian lomba desa dan kelurahan.

Tim Penilai Lomba Desa

Tim Penilai Lomba Desa Kec Wonogiri mengecek kelengkapan administrasi perpustakaan Desa Sendang

Sedikit beda prioritas penilaian dengan dulu yang menekankan pada aspek pemberdayaan masyarakat, dalam Permendagri 81/2015 lebih menekankan kemajuan di bidang penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Mengapa penyelenggaraan pemerintahan menjadi prioritas? Hal ini terkait dengan komitmen Pemerintah dalam upaya menghadirkan Negara di tengah masyarakat. Sebagaimana tertuang dalam Nawacita, bahwa agenda pertama Nawacita adalah : Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara. Sehingga kegiatan lomba merupakan salah satu bagian kegiatan evaluasi dan tidak perlu menjadi ajang untuk pameran. Ke depan kegiatan lomba harus lebih sederhana dan biasa-biasa saja.

Tim Penilai Lomba Desa Kec Wonogiri mengecek kelengkapan administrasi desa (foto sendang-wonogiri.desa.id)

Tim Penilai Lomba Desa Kec Wonogiri mengecek kelengkapan administrasi PKK Desa Sendang (foto sendang-wonogiri.desa.id)

Oleh karenanya, kalau mau juara, dokumen yang wajib muncul adalah RPJM Desa dan profil desa harus ada, serta mengisi kuisoner indikator penilaian. Tentang profil desa, ada dua jenis yaitu online dan off line bagi di desa tidak terjangkau oleh jaringan. (car3)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Mariyanto berkata:

    semoga sukses buat desa sendang

Tinggalkan Balasan