Rembug Warga Tahunan BKM Bina Bangsa Sendang

SENDANG, sendang-wongiri.desa.id – Senin, 26/2/2018 bertempat di Gedung TP PKK Desa Sendang, Kepala Desa Sendang Budi Hardono, S.E membuka kegiatan RWT BKM Bina Bangsa Desa Sendang. RWT adalah singkatan dari Rembug Warga Tahunan yang dilakukan secara rutin oleh BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) Bina Bangsa, Desa Sendang untuk setiap tahunnya. RWT juga merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi dari paguyuban warga desa. BKM Bina Bangsa yang didirikan pada Tanggal 30 Nopember 2007, melalui pencatatan akte Notaris Hendrawan Guna Wijaya, SH dengan No. 685/WAR/2007, telah mengadakan RWT sebanyak 10 kali.

RWT BKM

Kepala Desa Sendang membuka RWT BKM Bina Bangsa (foto : sendang-wonogiri.desa.id)

Kegiatan RWT ini diikuti oleh kurang lebih 30 orang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat antara lain tokoh masyarakat, tokoh agama, karang taruna dan perangkat desa sendang. Hadir juga dalam forum RWT tersebut, Aris dan Tunjung  selaku faskel sosial yang memberikan pengarahan dan motivasi terhadap para relawan KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh). Dalam kesempatan itu, Aris menyampaikan, “BKM Bina Bangsa supaya segera mempersiapkan semua kelengkapan administrasi untuk kegiatan audit, baik data-data dari UPL (Unit Pengelola Lingkungan), UPS (Unit Pengelola Sosial) dan UPK (Unit Pengelola Keuangan) agar semuanya dapat berjalan dengan lancar dan mendapat opini yang memuaskan.”

RWT BKM Bina Bangsa

RWT BKM Bina Bangsa (sendang-wonogiri.desa.id)

Koordinator BKM Bina Bangsa, Aria Bagas Herbangun, S.E mengatakan, “RWT merupakan wujud dari kedaulatan warga untuk melakukan kontrol terhadap lembaga/ organisasi yang sebelumnya telah diberikan amanah oleh warga untuk mengelola kegiatan pembangunan khususnya upaya untuk penanggulangan kemiskinan di desa dengan acuan PJM (perencanaan jangka menengah), Pronangkis (Program Penanggulangan Kemiskinan).” RWT merupakan forum musyawarah warga untuk membahas dan menetapkan beberapa agenda utama kegiatan yang meliputi:

  • Laporan pertanggungjawaban BKM :  Pengelolaan keuangan (hasil audit & tinjauan partisipatif), Pelaksanaan program pembangunan, Kinerja kelembagaan BKM.

  • Rencana Tahunan (Renta) PJM Pronangkis untuk tahun berikutnya

  • Rencana kerja BKM

  • Pemilu tingkat kelurahan dan penetapan BKM periode berikutnya (bagi BKM yang telah habis masa baktinya)

Rembug Warga Tahunan merupakan sarana untuk melakukan evaluasi terhadap penerapan prinsip-prinsip demokrasi, partisipasi, transparansi dan akuntabilitas oleh BKM. Kualitas penerapan dari prinsip-prinsip ini merupakan proses perubahan sosial yang sekaligus sebagai derajat perkembangan keberdayaan masyarakat. (ari2)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.