Puskesmas Wonogiri II Mengadakan Sosialisasi Rencana Pengamanan Air Minum di Desa Sendang

sendang-wonogiri.desa.id, SENDANG │Selasa (27/02/2018), bertempat di Gedung TP PKK Desa Sendang telah diadakan kegiatan sosialisasi terkait Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) oleh UPTD Puskesmas Wonogiri II. Kegiatan sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Ibu dr.Antik Istiqomah selaku Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri II. Acara dibuka mulai pukul 09.30 WIB dan diawali dengan sambutan oleh Kepala Desa Sendang, Budi Hardono, SE, yang dalam sambutannya mengatakan, “Desa Sendang memiliki geografis pegunungan, dan terdapat banyak mata air, disamping itu banyak pula sumur-sumur bor yang merupakan bantuan program pemerintah seperti program Pamsimas dan PNPM, saat ini sumur-sumur tersebut masih eksis dikelola dan dimanfaatkan warga, untuk itu perlu kepedulian warga masyarakat untuk merawatnya,”.

RPAM, AIR MINUM

Sambutan Kades Sendang, Budi Hardono, SE dalam sosialisasi RPAM (foto : sendang-wonogiri.desa.id)

Wilayah Desa Sendang memiliki banyak sumur bor diantaranya terdapat di Dusun Kedungareng 1 titik, Dusun Sendang 2 titik, Dusun Godean 1 titik. Sedangkan sumur bor yang dibantu melalui program Pamsimas terdapat di Dusun Sokogunung dan Dusun Prampelan. Dalam kesempatan sosialisasi ini, Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri II, Ibu dr.Antik Istiqomah dalam sambutannya menyampaikan, “Program Pengamanan Air Minum di wilayah sumber air yang dapat berupa mata air, sungai, danau, air tanah dangkal dan air tanah dalam bertujuan untuk mengendalikan pencemaran dan meningkatkan kualitas air baku bagi para konsumen/pengguna yang langsung menggunakan air tersebut, dan Desa Sendang adalah salah satu desa yang mempunyai banyak mata air, sumur bor dan waduk, untuk itu perlu pengamanan bersama dengan seluruh masyarakat,”.

air minum

Sambutan Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri II, dr. Antik Istiqomah dalam sosialisasi RPAM (foto : sendang-wonogiri.desa.id)

Materi pertama disampaikan oleh Ibu Trisni, AMPL, dalam paparannya disampaikan, “RPAM merupakan usaha pencegahan, perlindungan serta pengendalian pasokan air minum bagi masyarakat Indonesia, RPAM merupakan adopsi dari konsep Water Safety Plan milik WHO yang mengamankan air minum melalui pendekatan resiko,”. RPAM dilakukan dalam rangka memenuhi prinsip pemenuhan 4K dalam penyediaan air minum, yaitu, Keterjangkauan yaitu tarif tidak melampaui 4% dari pendapatan masyarakat pelanggan, Kontinuitas maksudnya distribusi air minum ke masyarakat tidak terputus selama 24 jam, kondisi tekanan minimal mencapai 5-10 meter pada titik terjauh, dan Kuantitas adalah tersedia standar kebutuhan pokok air minum yaitu sebesar 10 m3/kepala keluarga/bulan atau 60 liter/orang/per hari, serta Kualitas yaitu terpenuhi standar kesehatan,”.

RPAM

Ibu Trisni J, AMPL menyampaikan Materi RPAM (foto sendang-wonogiri.desa.id)

Selanjutnya materi kedua tentang Indeks Keluarga Sehat (IKS) disampaikan Ibu Endang Puji Astuti, SKM, MP didampingi Tim dari UPTD Puskesmas Wonogiri II antara lain Bapak Supartno, SKM, MPH, Ibu Sri Lestari, Amd dan Ibu Hani Setiyaningsih, Amd.keb. Dalam paparannya Ibu Endang mengatakan, “Di Bulan Maret, Puskesmas Wonogiri II akan mengadakan pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah dan lain-lain  ke rumah-rumah warga di delapan Dusun yaitu Dusun Kedungareng, Dusun Sendang, Dusun Godean, Dusun Bendorejo, Dusun Jajar, Dusun Selopukang, Dusun Kembang dan Dusun Prampelan,”. “Bapak-bapak RT dimohon untuk mengumpulkan Kartu KK, Kartu BPJS warganya untuk memperlancar pendataan IKS,” tandasnya.

RPAM

Ibu Endang Puji Astuti, SKM, MP menyampaikan Materi IKS (foto sendang-wonogiri.desa.id)

Sosialisasi RPAM siang ini dilanjutkan dengan ramah tamah staf Puskesmas Wonogiri II dengan Bapak-bapak Ketua RT di Gedung TP PKK Sendang. (adm2)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Bambang berkata:

    keren kegiatan Penyehatan Lingkungan

Tinggalkan Balasan