KERJA BAKTI PEREMAJAAN DEMPLOT PERCONTOHAN POSLUHDES

sendang-wonogiri.desa.id, Sehubungan dengan persiapan lomba Posluhdes di tingkat Provinsi Jawa Tengah, Posluhdes Karya Bakti, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri mengadakan kerja bakti membuat Demplot (Demonstration Plot) di halaman kantor sekretariat posluhdes. Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk membenahi dan meremajakan tanaman percontohan yang sebagian ada yang rusak, mati/busuk karena curah hujan yang cukup tinggi.

Pembuatan Demplot Posluhdes Karya Bakti Sendang (foto : sendang-wonogiri.desa.id)

Selain itu juga dilakukan pemasangan gapura dan pengecatan pagar, agar demplot percontohan semakin menarik untuk dipandang. Kegiatan penanaman ulang juga dilakukan pada beberapa jenis tanaman Refugia seperti Bunga Kertas, Bunga Matahari dan juga Bunga Keningkir. Ada pula jenis tanaman seperti lombok, terong, bawang merah, seledri, daun bawang/loncang, jambu dan umbi-umbian.

Pembuatan Gapura Demplot Posluhdes Karya Bakti Sendang (foto : sendang-wonogiri.desa.id)

 

Pembuatan Demplot Posluhdes Karya Bakti Sendang didampingi Penyuluh dari Dinas Pertanian                 (foto : sendang-wonogiri.desa.id)

Penanaman tanaman Refugia selain mempercantik taman percontohan juga berfungsi  sebagai penghalau hama tanaman seperti lebah, kumbang juga lalat buah. Oleh karena itu, anggota posluhdes juga proaktif dalam memberikan penyuluhan kepada petani agar menggalakkan penanaman refugia di pematang sawah sebagai salah satu sarana untuk mengurangi pemakaian racun pestisida penghalau hama tanaman, sehingga produksi sawah dapat berkualitas baik. Penanaman tanaman refugia pada tanaman padi diusahakan sesaat pembuatan pematang sawah selesai sehingga pada saat tanaman refugia berbunga padi sudah mulai tumbuh sehingga dapat terhindar dari hama tanaman. Untuk tanaman sayuran sebelum pengolahan lahan selesai dapat dilakukan penanaman refugia sehinggga pada saat tanaman sayuran sudah besar tanaman refugia sudah mulai berbunga.

Kegiatan Penyuluhan ke petani oleh Posluhdes Karya Bakti Sendang                                              (foto : sendang-wonogiri.desa.id)

Pembuatan Demplot Posluhdes Karya Bakti Sendang (foto : sendang-wonogiri.desa.id)

Serangga-serangga musuh alami dan hama sangat tertarik dengan tanaman yang berbunga. Serangga yang sering melakukan kunjungan adalah kumbang, lalat, lebah, semut, thrips dan kupu-kupu. Ternyata dalam menggunakan metode kunjungan tidak didominasi penyuluh saja akan tetapi serangga juga melakukan kunjungan rutin untuk mendapatkan nectar atau sari bunga. (sari2)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Sempukerep berkata:

    Cari bibit refugia dimana ya pak

Tinggalkan Balasan