PELATIHAN PENGEMBANGAN SID BAGI OPERATOR DESA DI KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2018

Sendang-wonogiri.desa.id│Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar pelatihan pengembangan SID bagi semua operator desa se-Kabupaten Wonogiri. Pelatihan ini dilaksanakan mulai hari ini, Senin (19/2/2018) sampai dengan Selasa (20/2/2018) bertempat di Gedung Ruang Pertemuan Khayangan Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri. Direncanakan semua peserta mengikuti seluruh materi yang telah dijadwalkan sejak pagi, siang hingga sore nanti, tanpa menginap dan akan dilanjutkan di hari kedua, besok pagi, Selasa (20/2/2018).

Pelatihan SID bagi operator desa oleh Dinas PMD Kab.Wonogiri

Kepala Dinas PMD Kabupaten Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, S.H, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Pemerintahan Desa, Totok Sugiyarto, S.Sos, M.M, beliau menyampaikan bahwa SID adalah sebagai bentuk pelaksanaan UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang dituangkan dalam pasal 86. SID perlu dikembangkan karena masih tingginya angka kemiskinan di Indonesia, belum optimalnya fungsi organisasi dan pengendalian program penanggulangan kemiskinan. Dibutuhkan sistem informasi yang mampu memberikan gambaran kondisi kemiskinan

Pelatihan pengembangan SID ini bertujuan untuk :

  • Meningkatkan kualitas perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan desa
  • Mengefektifkan pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan deesa
  • Meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan manfaat bagi masyarakat
  • Sebagai media dalam memperoleh, mengelola dan menyajikan data serta informasi desa.

Pelaksana kegiatan pelatihan SID ini adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa beserta jajarannya. Pelatihan ini diikuti oleh 62 orang dari 31 desa. Tiap-tiap desa mengirimkan 2 orang, terdiri dari 1 orang operator dan 1 orang petugas editor.

Pelatihan SID bagi operator desa oleh Dinas PMD Kab.Wonogiri

Ada 6 (enam) pokok bahasan yang di tuangkan dalam materi untuk kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa dalam pengembangan SID yaitu :

  • Arah dan kebijakan pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam mengembangkan SID (2 jam pelajaran)
  • Pendayagunaan aparatur pemerintah desa dalam pemanfaatan SID (2 jam pelajaran)
  • Pemanfaatan SID dalam perencanaan pembangunan desa ( jam pelajaran)
  • Pengembangan Desa online (2 jam pelajaran)
  • Penerapan aplikasi SID dan kawasan (6 jam pelajaran)
  • Rencana kerja dan tindak lanjut pengembangan SID (2 jam pelajaran)

Dalam pelatihan ini dihadirkan narasumber dari Pejabat Struktural dan Fungsional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri dan Deputi Direktur Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) Jakarta. Dengan kegiatan pelatihan pengembangan SID ini diharapkan semua peserta baik operator maupun editor SID segera mengimplementasikan ke desanya masing-masing sehingga masyarakat akan lebih mudah mengakses semua informasi terkait dengan perkembangan desanya. (adm2)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan