Pemberian Vitamin A bagi bayi dan balita di Posyandu Mawar 2 Dusun Godean

sendang-wonogiri.desa.id, SENDANG – Sebanyak 32 bayi dan balita , terdiri dari 19 laki-laki dan 13 perempuan, pada siang ini 15/02/2018 berkumpul di Posyandu Mawar 2 Dusun Godean untuk mendapatkan vitamin A. Sebelum diberikan vitamin A, bayi dan balita semua ditimbang berat badannya terlebih dahulu, hal ini dimaksudkan untuk dapat memantau tumbuh kembang bayi dan balita sehingga dapat dideteksi sedini mungkin masalah kesehatan yang dimiliki seorang bayi dan balita.

Kader Posyandu Mawar 2 menimbang berat badan anak

Menurut salah satu kader posyandu Mawar 2 yang membawahi dua dusun, yaitu Dusun Godean dan Dusun Sendang, Sri Hartati, “Untuk bayi (usia 6-11 bulan) akan diberikan kapsul warna biru berisi 100 ribu IU vitamin A dan untuk balita (usia 1-5 tahun) diberikan kapsul warna merah berisi 200 ribu IU vitamin A. Pemberian kapsul vitamin A ini akan dilaksanakan serentak di Bulan Februari ini melalui posyandu-posyandu di Desa Sendang sesuai jadwal rutin pertemuan masing-masing posyandu,”.

Kader Posyandu Mawar 2 memberikan Vitamin A pada anak (Dok. sendang-wonogiri.desa.id)

Ditambahkan Hartati, kapsul vitamin A ini sangat penting didapatkan oleh balita agar terhindar dari kekurangan vitamin A. Kekurangan vitamin A sendiri bisa mengakibatkan rabun senja yang bila tidak teratasi bisa berlanjut menjadi kebutaan. Penyakit lain yang bisa timbul pada anak yang kekurangan vitamin A berkelanjutan antara lain adalah katarak, rabun, mata kering.

Antrian pemberian vitamin A di posyandu Mawar 2

Untuk itu Sri Hartati menghimbau kepada segenap orang tua balita di Desa Sendang untuk dapat mengunjungi posyandu di lingkungan masing-masing guna mendapatkan vitamin A ini. “Jangan ada satupun anak balita yang tertinggal,” imbuhnya. Sejumlah posyandu yang memberikan kapsul vitamin A pada 15 Februari ini antara lain adalah : Posyandu Mawar 3 Dusun Prampelan.(adm2)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.