DESA SENDANG MASUK PILOT PROJECT SISTEM INFORMASI DESA

Wonogiri (03/02/2018) – Upaya desa-desa di wilayah Kabupaten Wonogiri untuk membuka diri, dalam rangka memenuhi tuntutan transparansi publik menemui kendala serius. Dalam sarasehan yang digelar Dinas Komunikasi Dan Informatika dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonogiri, di ruang pertemuan Dinas Kominfo, Jum’at (2/2/2018) juga diikuti sejumlah relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan operator SID (Sistem Informasi Desa) yang diwakili 3 desa, yaitu Desa Sendang Kecamatan Wonogiri, Desa Pare Kecamatan Selogiri dan Desa Tremes Kecamatan Sidoharjo.

Operator SID menyampaikan beberapa kendala yang mereka hadapi diantaranya adalah sulitnya sebagian besar desa untuk mendapatkan balasan dari pnsmail/mail.go.id sebagai salah satu syarat untuk mendaftarkan domain desa.id dan kendala blank spot atau masih minimnya sinyal akses internet. Masalah  sinyal internet, menurut mereka tak hanya menyulitkan publikasi perkembangan terkini proses-proses pembangunan desa, melainkan juga menghambat upaya promosi potensi-potensi yang dimiliki desa.

Mensikapi hal tersebut, Dinas Kominfo, Dinas PMD Kabupaten Wonogiri serta RTIK (Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi) Kabupaten Wonogiri berkoordinasi untuk membantu desa-desa yang saat ini belum memiliki domain desa.id untuk didaftarkan secara kolektif dan dikoordinir oleh Kabupaten.

Pada sarasehan ini pula di sinergikan program SID dengan program dari RTIK Kabupaten Wonogiri  yang di wakili Ketua RTIK Wonogiri Hasan, yang juga sebagai pemilik BMA Komputer, untuk membantu terkait infrastruktur jaringan internet bagi desa-desa yang belum tersentuh jaringan fiber optik telkom.  Dan RTIK Wonogiri menyiapkan tutor untuk kustomisasi web jika diperlukan, hal ini sebagai wujud peran serta secara aktif dari RTIK sendiri untuk mendorong desa mempergunakan website desa sebagai tindak lanjut pelaksanaan amanah UU No 14 tahun 2008 terkait keterbukaan informasi publik.

Di akhir pertemuan, Dinas PMD menunjuk 4 desa untuk dijadikan pilot project desa berbasis website dengan merujuk surat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah Nomor 410/0580 tentang Desa Pilot Project SID. Ke-empat desa tersebut adalah desa yang sudah berdomain desa.id, yaitu gemantar.desa.id , sendang-wonogiri.desa.id, tremes.desa.id serta ngambarsari.desa.id.  Empat desa ini nantinya akan di kirim ke tingkat propinsi Jawa Tengah sebagai website desa percontohan di Kabupaten Wonogiri. (agg2)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan