Menara Pandang Sokogunung, nikmati Kota Gaplek dari ketinggian

Menara Pandang Sokogunung, salah satu objek wisata baru yang sedang hits di Wonogiri. Sokogunung merupakan tempat wisata di Wonogiri yang baru saja dibuka sekitar Juni Tahun 2017. Yang membuatnya menarik adalah Sokogunung ini merupakan gunung tertinggi di jajaran perbukitan Gajah Mungkur, dan pegunungan seribu.  Tingginya sekitar 780 mdpl.

Secara administratif Soko Gunung berada di Dusun Sokogunung, Desa Sendang Kecamatan Wonogiri. Kalau menurut bahasa Soko itu bisa berarti “tiang penyangga”. Menurut sesepuh Desa Sendang, penduduk asli sendang berasal dari Dusun Sokogunung ini. (Baca : sejarah asal usul Desa Sendang).

Bagaimana Cara Menuju Sokogunung

Untuk menuju Sokogunung, dari Kota Solo ikuti saja jalan menuju ke arah Waduk Gajah Mungkur. Nanti sebelum masuk kawasan Wisata Waduk Gajah Mungkur, tepatnya setelah jembatan panjang Dusun Kedungareng, sebelah kanan ada gapura bertuliskan “Menara Filter, Landasan Peluncuran Layang Gantung”, ikuti saja jalur naik menuju arah Ganthole 2 (Bukit Joglo). Kalau bingung, tanya saja penduduk sekitar. Setelah itu, nanti akan dijumpai pertigaan jalan yang sudah ada petunjuknya mau ke arah  Bukit Joglo, atau ke Sokogunung. Baru setelah itu tinggal ikuti saja jalannya, nanti akan tiba di parkiran menuju Sokogunung.

Habis Berapa?

Sokogunung ini Objek Wisata Wonogiri yang murah meriah, saat ini dikelola oleh BUMDes Sendang Pinilih, cukup bayar tiket masuk Rp. 4000, kita sudah bisa menikmati keindahan view Wonogiri dari atas. Menikmati semilir angin, serta berswafoto di atas susunan bambu yang sudah dirangkai sedemikian hingga membentuk sebuah gardu pandang. Dari Gardu Pandang ini, landscape Wonogiri seperti waduk Gajah Mungkur, Waduk Tandon, serta rumah penduduk terlihat jelas. (agg1)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan